Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Kediri

Rofiah, Tia Aliyatur (2018) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112914_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932112914_BAB 1.pdf

Download (224kB)
[img] Text
932112914_BAB II.pdf

Download (274kB)
[img] Text
932112914_BAB III.pdf

Download (248kB)
[img] Text
932112914_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
932112914_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
932112914_BAB VI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
932112914_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932112914_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kedisiplinan guru di lembaga pendidikan dapat ditingkatkan dengan adanya strategi yang di buat oleh kepala Madrasah. Kepala Madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014 Pasal 3 bahwa tugas kepala Madrasah yakni merencanakan, mengelola, memimpin, dan mengendalikan program dan komponen penyelenggaraan pendidikan pada Madrasah berdasarkan standart nasional pendidikan. Strategi dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MAN 2 Kabupaten Kediri diperlukan karena sebagian guru masih belum sepenuhnya menyadari akan tugas pentingnya sebagai pendidik dan pengajar bagi peserta didik. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana kedisiplinan guru di MAN 2 Kabupaten Kediri? (2) Apa saja bentuk-bentuk dari strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MAN 2 Kabupaten Kediri? (3) Bagaimana dampak dari strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan bagi guru?. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara terinci, dan mendalam terhadap individu/kelompok. Sumber data penelitian ini adalah mereka yang terlibat langsung dalam peningkatan kedisiplinan guru seperti kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru, staff TU dan perwakilan siswa. Metode pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) kedisiplinan guru di MAN 2, yaitu a) datang dan pulang tepat waktu, b) masuk kelas tepat waktu, c) tidak meninggalkan lingkungan madrasah ketika masih bertugas, d) mengikuti aturan yang dibuat oleh kepala madrasah. (2) bentuk-bentuk strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru, yakni a) figur kepala madrasah, b) adanya jurnal KBM, c) pemasangan cctv disetiap ruangan, d) pemberian motivasi, e) pemberian kesempatan bagi murid untuk menyampaikan keluh kesahnya yang berkenaan dengan kedisiplinan guru, e) adanya tata tertib. (3) dampak dari strategi tersebut, yakni, a) guru menjadi lebih disiplin, b) merasa diawasi dan tidak bisa bertingkah laku bebas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 26 Oct 2020 05:38
Last Modified: 26 Oct 2020 05:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item