Peran Pengurus Pondok Pesantren untuk Meningkatkan Semangat Belajar Santri di Pondok Pesantren Al-Amin Kediri

Qorina, Maulida Hilma (2018) Peran Pengurus Pondok Pesantren untuk Meningkatkan Semangat Belajar Santri di Pondok Pesantren Al-Amin Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123114_PRA BAB.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932123114_BAB I.pdf

Download (77kB)
[img] Text
932123114_BAB II.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932123114_BAB III.pdf

Download (85kB)
[img] Text
932123114_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
932123114_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
932123114_BAB VI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
932123114_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48kB)

Abstract

Pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan non formal yang di dalamnya selain mempelajari kitab-kitab salaf juga mempelajari pelajaran formal. Karena dualisme tersebut, keduanya harus berjalan seimbang. Maka peran pengurus pondok pesantren sangat penting karena dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya kualitas pendidikan santri. Berdasarkan fenomena tersebut, fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kondisi semangat belajar santri di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Ngasinan Kediri? 2. Bagaimana peran pengurus dalam meningkatkan semangat belajar santri di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Ngasinan Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, serta ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Kondisi semangat belajar santri di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Ngasinan Kediri adalah: Kondisi semangat belajar para santri Putri Pondok Pesantren al-Amien dapat dikatakan baik namun juga beragam, mereka mempunyai cara dan kebiasaan belajar yang berbeda-beda. Ada yang memiliki keantusiasan dan semangat yang luar biasa, ada pula yang kurang memiliki semangat belajar karena mungkin mereka merasa jenuh dan lelah dengan penuhnya aktivitas. 2. Peran Pengurus untuk meningkatkan semangat belajar santri adalah: sebagai motivator, pendamping, pengontrol, pembimbing serta pengawas saat mereka malakukan proses belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 26 Oct 2020 05:03
Last Modified: 26 Oct 2020 05:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item View Item