Pengaruh Motivasi Belajar dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Abdulloh Bangsongan Sukoanyar Mojo Kab. Kediri tahun ajaran 2016/2017

KHIARI, IVANA (2017) Pengaruh Motivasi Belajar dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Abdulloh Bangsongan Sukoanyar Mojo Kab. Kediri tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (970kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_data Guru dan Karyawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.Belajar dipengaruhioleh motivasi, kematangan, Konsep diri, kesiapan dan kedisiplinan dalam belajar, keluarga, masyarakat, guru, sarana dan prasarana sekolah. seseorang dianggap memiliki motivasi untuk berprestasi (need for achievement), jika ia memiliki keinginan untuk melakukan suatu karya yang berprestasi lebih baik dari prestasi karya orang lain. Hubungan konsep diri dan prestasi belajar ada dalam tiga model yaitu peningkatan diri, pengembangan ketrampilan dan efek timbal balik. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa selama berlangsungnya proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu. Permasalahan yang akan dikaji adalah: 1)Bagaimana pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Abdulloh Bangsongan Sukoanyar Moajo Kab. Kediri? 2)Bagaimana pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs AbdullohBangsongan Sukoanyar Moajo Kab. Kediri? 3)Bagaimana pengaruh motivasi dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs AbdullohBangsongan Sukoanyar Moajo Kab. Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas VII di MTs AbdullohBangsongan Sukoanyar Moajo Kab. Kediri yang berjumlah 186 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan jumlah sampel 121 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Korelasi yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi belajar dan variabel kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Hasil yang didapat dari penelitian yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 8,5%.. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar siswa sebesar 6,7 %.. Dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa yaitu sebesar 9%. Guru hendaknya melakukan kegiatan belajar mengajar yang aktif serta lebih sering memberikan penghargaan/ reward terhadap prestasi siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi dan konsep diri Siswa. Orang tua juga sebaiknya sering mengapresiasikan prestasi yang di capai anaknya. Dan siswa bisa meningkatkan motivasi dan konsep dirinya dengan memperbaiki hubungan sosialnya baik dengan orang tua maupun lingkungan sekitarnya dan menghargai penampilan fisik dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:30
Last Modified: 13 Feb 2019 03:30
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item