PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG TENTANG KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH

YULIANA, ELVA (2020) PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG TENTANG KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932112915_Pra Bab.pdf

Download (872kB)
[img] Text
932112915_Bab 1.pdf

Download (142kB)
[img] Text
932112915_Bab 2.pdf

Download (146kB)
[img] Text
932112915_Bab 3.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932112915_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
932112915_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
932112915_Bab 6.pdf

Download (21kB)
[img] Text
932112915_Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] Text
932112915_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)

Abstract

ju terbentuknya kepribadian utama peserta didik yang sesuai dengan ajaranajaran Islam. Dalam hal ini Hasan Langgulung juga merumuskan pendidikan Islam sebagai suatu proses penyiapan generasi muda untuk mengisi peranan, memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islam yang diselaraskan dengan fungsi manusia untuk beramal di dunia dan memetik hasilnya di akhirat. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsep pendidikan Islam perspektif Hasan Langgulung? 2) Bagaimana kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah (Kurikulum 2013)? dan 3) Bagaimana relevansi pemikiran Hasan Langgulung tentang konsep pendidikan Islam dengan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah?. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah jenis penelitian Library Research. Penelitian kepustakaan bertujuan untuk mengumpulkan data atau informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat di ruang perpustakaan seperti buku, jurnal ilmiah, majalah, dan lain-lain. Seluruh data diperoleh dari studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk dengan mengumpulkan dan menyusun data, kemudian dilakukan analisis terhadap data. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu, 1) Hasan Langgulung memandang bahwa dalam pendidikan Islam yang pertama dibahas yaitu tentang menyadari bahwa fitrah manusia sebagai khalifah di bumi ini. Manusia memiliki potensi dalam dirinya untuk dikembangkan dengan adanya pewarisan budaya atau lingkungan yang ada disekitarnya, sehingga dari keduanya mampu untuk saling berinteraksi satu sama lain. Hasan Langgulung telah menerangkan bahwa pembentukan manusia sebagai khalifah itu merupakan tujuan tertinggi dari pendidikan Islam. 2) Kurikulum pendidikan agama Islam didasarkan pada tujuan menumbuhkembangkan akhlak siswa melalui pembiasaan dan pengamalan ajaran Islam secara menyeluruh (kaffah), sehingga mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diberikan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. dan 3) Relevansi konsep pendidikan Islam perspektif Hasan Langgulung dengan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah yaitu terletak pada pendidikan Islam itu sendiri yang didalamnya memuat nilai-nilai ajaran agama Islam tentang potensi atau fitrah manusia sebagai khalifah, tujuan pendidikan Islam meliputi tujuan pada keimanan dan amal, tujuan pendisiplinan perilaku dan tujuan penghayatan nilai-nilai Islam. Selanjutnya, kurikulum ix pendidikan Islam yang memiliki kesesuaian dalam melaksanakan struktur kurikulum yang dimulai dari tingkatan paling dasar dengan pengetahuan dasar demi memudahkan untuk memahami ilmu pengetahuan dasar, kemudian berkelanjutan pada ilmu pengetahuan yang lebih luas dan menyeluruh pada jenjang pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:03
Last Modified: 22 Oct 2020 03:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1653

Actions (login required)

View Item View Item