Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Religiusitas Pada Anak (Studi Kasus di RT 03 RW 05 Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Nganjuk)

AZUNI, ISMA DIAN (2017) Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Religiusitas Pada Anak (Studi Kasus di RT 03 RW 05 Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1. COVER_5. HALAMAN PRA BAB.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (231kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
11. BAB VI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] Text
13. Biografi_15. LEMBAR PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pola asuh orang tua terhadap anak yaitu bentuk interaksi antara anak dan orang tua selama mengadakan kegiatan pengasuhan yang berarti orang tua mendidik, membimbing, dan mendisiplinkan serta melindungi anak untuk mencapai kedewasaan sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam lingkungan setempat dan masyarakat. Kajian tentang pola asuh mempengaruhi tumbuh kembang anak, diantaranya religiusitas. Religiusitas adalah kedalaman penghayatan keagamaan seseorang dan keyakinannya terhadap adanya Tuhan yang diwujudkan dengan mematuhi perintah dan menjauhi larangan dengan keikhlasan hati dan dengan seluruh jiwa dan raga. Dari konteks penelitian tersebut, yang menjadi fokus penelitian adalah : (1) Bagaimana Pola Asuh orang tua di RT 03 RW 05 Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Nganjuk? (2) Bagaimana Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Religiusitas pada Anak di RT 03 RW 05 Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Nganjuk? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kulitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang berusaha mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks, melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri sebagai instrumen kunci. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi, tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan penelitian, tahap analisis data, dan tahap akhir penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Pola asuh yang diterapkan oleh beberapa orang tua di RT 03 RW 05 Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Nganjuk yaitu : Pola Asuh Demokratis dan Pola Asuh Otoriter. (2) Aspek religiusitas yang diterapkan orang tua di RT 03 RW 05 Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Nganjuk yaitu: keyakinan, peribadatan, penghayatan, pengetahuan, dan pengamalan. Metode yang digunakan dalam menanamkan religiusitas yaitu: memberi teladan atau contoh, pembiasaan, memberi nasihat, memberi pengawasan/perhatian, dan memberi hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 13 Feb 2019 01:43
Last Modified: 13 Feb 2019 01:43
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item