Studi Komparasi Antara Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Dan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2017-2018

Kohar, Mochamad As'ad Wakhidul (2018) Studi Komparasi Antara Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Dan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2017-2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106814_PRA BAB.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932106814_BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
932106814_BAB II .pdf

Download (436kB)
[img] Text
932106814_BAB III.pdf

Download (478kB)
[img] Text
932106814_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
932106814_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
932106814_BAB VI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932106814_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
932106814_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu proses pembelajaran. Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) dalam kegiatan pembelajaran mengindikasikan bahwa setiap individu mempunyai sikap rasa ingin tahu, objektif terhadap data dan fakta, berfikir kritis, penemuan dan kreatifitas, berpikiran terbuka dan kerjasama, dan peka terhadap lingkungan yang tinggi.. Ada dua faktor yang mempengaruhi sikap ilmiah (Scientific Attitude) siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu jenis ras atau keturunan, jenis kelamin, sifat fisik, kepribadian, bakat, dan intelegensia. Sedangkan faktor eksternal yaitu pendidikan, agama, kebudayaan lingkungan dan sosial ekonomi. Untuk itu penulis melakukan penelitian tentang perbedaan Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) siswa dengan menggunkan Model Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) kelas VIII di MTs Negeri 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Kediri yang berjumlah 352 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 43 siswa dan VIII F yang berjumlah 43 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan menggunkan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data statistik menggunakan rumus Median Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) dengan menggunakan menggunkan Model Student Team Achievement Divisions (STAD) kelas VIII E di MTs Negeri 3 Kediri tergolong sangat tinggi dengan ratarata 98,8837. 2) Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) dengan menggunakan menggunkan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) kelas VIII F di MTs Negeri 3 Kediri tergolong tinggi dengan rata-rata 92,7209. 3) Tidak terdapat perbedaan sikap ilmiah (Scientific Attitude) siswa dengan menggunkan Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Dan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) kelas VIII E dan VIII F di MTs Negeri 3 Kediri karena skor Exact Signifikansi 0,270 ≥ 0,05 (taraf nyata) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:14
Last Modified: 22 Oct 2020 02:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item View Item