Implementasi Full Day School Dalam Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa di MA Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto

Devianti, Sherli (2018) Implementasi Full Day School Dalam Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa di MA Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suatu lembaga pendidikan selalu ingin menghasilakn lulusan-lulusan atau out put yang baik, berkualitas, memiliki prestasi belajar yang bagus serta dapat diandalkan, implementasi full day school dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa. Terkait dengan hal tersebut peneliti akan merumuskan masalah sebagai berikut; bagaima prestasi siswa, bagaimana motivasi siswa, bagaimana implementasi full day school dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa, apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi full day school, bagaimana upaya dalam mengatasi hambatan full day school Metode penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya study kasus, karena dalam penelitian ini dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dalam perilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri. Untuk metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi setelah itu analisis data, dan untuk mengecek keabsahan datanya menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh dari hasil penelitian yaitu: (1) prestasi MA Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto telah membuktikan keberhasilannya dalam pembelajarannya terbukti dengan adanya prestasi akademik maupun non akademik yang sudah diraihnya. Hal tersebut membuat sekolah trmasuk dalam salah satu lembaga pendidikan yang mendapatkan akreditasi “A”, (2) Motivasi siswa MA Unggulan Hikmatul Amanah sangat tinggi, dimana motivasi tersebut terlihat ketika pembelajaran belangsung di dalam maupun di luar kelas. Siswa memiliki hasrat belajar yang tinggi sehinga minat atau keinginan dalam diri mereka mampu untuk mencapai keberhasilan dalam berkompetisi, (3) implementasi full day school dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa, sudah berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapakan. Hal ini karena ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai serta tenaga pendidik yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya. Dengan implementasi sistem full day school, maka rentan waktu belajar relatif lebih lama sehingga emaksa siswa belajar mulai pagi hingga sore hari. (4) faktor pendukung dan penghambat full day school, sarana dan prasarana, guru atau pendidik, siswa dan dana, kemudian dari faktor penghambat banyak dipengaruhi oleh diri siswa sendiri yang mengalami kendala belajar seperti capek, ngantu, bosen dan yang lainnya.(5) upaya dalam mengatasi hambatan implementasi full day school yaitu; pembelajaran full day school seorang guru harus mempunyai strategi pembelajaran yang baik dan pelajaran eksak seperti matematika, fisika, kimia dan lain-lain dijadwalkan pagi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:15
Last Modified: 21 Oct 2020 04:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item View Item