Strategi Pelaksanaan Kelas Unggulan Di MAN 2 Nganjuk

CHOLIFAH, KHARISMA NUR (2020) Strategi Pelaksanaan Kelas Unggulan Di MAN 2 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932112416_Pra Bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932112416_Bab 1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
932112416_Bab 2.pdf

Download (386kB)
[img] Text
932112416_Bab 3.pdf

Download (303kB)
[img] Text
932112416_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
932112416_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
932112416_Bab 6.pdf

Download (123kB)
[img] Text
932112416_Daftar Pustaka.pdf

Download (369kB)
[img] Text
932112416_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk atau lebih dikenal dengan nama MAN 2 Nganjuk merupakan salah satu lembaga sekolah berstatus negeri yang berada dibawah naungan Kementerian Agama sebagaimana Madrasah Aliyah Negeri lainnya yang terdapat di wilayah kabupaten Nganjuk, namun di MAN 2 Nganjuk ini terdapat 3 program kelas unggulan yang mana menjadi daya tarik peserta didik untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Adapun 3 program kelas unggulan yang terdapat di MAN 2 Nganjuk yakni Bina Cendekia IPA (BCA), Bina Cendekia IPS (BCS) dan Agama tahfidz (AGT). Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui Latar Belakang Pelaksanaan Kelas Unggulan di MAN 2 Nganjuk, (2) Mengetahui Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Pada Kelas Unggulan di MAN 2 Nganjuk, (3) Mengetahui Hasil Dari Strategi Pelaksanaan pembelajaran Kelas Unggulan di MAN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di MAN 2 Nganjuk. Informan dalam penelitian ini adalah WAKA kurikulum, Koordinator Kelas unggulan BCA, coordinator kelas unggulan BCS dan Koordinator kelas Unggulan AGT/Agama Tahfidz dan siswa kelas unggulan BCA/BCS/AGT. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan da triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Latar Belakang Pelaksanaan Kelas Unggulan di MAN 2 Nganjuk adalah berangkat dari animo masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya seklaigus dengan menghafalkan Al-qur’an dan Menjaring siswa peserta didik yang mempunyai potensi, IQ diatas rata-rata serta keinginn kuat untuk mengembangkannya, (2) Strategi Pelaksanaan Kelas Unggulan di MAN 2 Nganjuk yakni berupa ujian seleksi baik melalui jalur prestasi maupun non prestasi/reguler, waktu pelaksanaan, metode yang digunakan oleh guru dan evaluasi sistem penilaian yang dilakukan pada kelas unggulan BCA/IPS, BSC/IPS dan AGT/Agama Tahfidz, (3) Hasil Dari Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Pada Kelas Unggulan di MAN 2 Nganjuk ini adalah bisa mewakili sekolah dalam mengikuti berbagai ajang perlombaan OSN maupun KSM dan banyaknya prestasi yang diraih oleh siswa kelas unggulan baik itu di tingkat kabupaten, provinsi maupun ke tingkat nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:07
Last Modified: 21 Oct 2020 04:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item