Implementasi Kebijakan Sekolah Dalam Penyadaran Siswi Berpakaian Menurut Syariat Islam Di SMAN 1 Prambon Nganjuk

Iliyun, Nina (2018) Implementasi Kebijakan Sekolah Dalam Penyadaran Siswi Berpakaian Menurut Syariat Islam Di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114314_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932114314_BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
932114314_BAB II.pdf

Download (600kB)
[img] Text
932114314_BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
932114314_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
932114314_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
932114314_BAB VI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932114314_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
932114314_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berpakaian muslimah bagi seorang perempuan Islam merupakan sebuah kewajiban yang diperintahkan oleh Allah Swt. Namun di era modern ini banyak sekali perempuan-perempuan yang menggunakan pakaian tidak menentu lagi. Untuk itu, penting sekali bagi sekolah menerapkan kebijakan sekolah dalam rangka menyadarkan siswa-siswinya untuk berpakaian muslim-muslimah, seperti kebijakan sekolah yang dilaksanakan di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Fokus penelitian ini adalah: 1)Bagaimana implementasi kebijakan sekolah dalam penyadaran siswi berpakaian menurut syariat Islam di SMAN 1 Prambon Nganjuk dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan sekolah dalam penyadaran siswi berpakaian menurut syariat Islam di SMAN 1 Prambon Nganjuk Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan penelitian kualitatif yang bertempat di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi kebijakan sekolah dalam penyadaran siswi berpakaian menurut syariat Islam ini ada beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan dampak. Perencanaan meliputi perumusan keadaan sekolah yang kental nuansa Islaminya, perumusan tujuan sekolah, diterapkan kebijakan sekolah tersebut dalam bentuk tata tertib wajib berseragam muslim-muslimah, dan adanya program-program keagamaan. Untuk pelaksanaan meliputi siswi wajib mengenakan seragam lengan panjang, rok panjang dan berjilbab, serta adanya poin-poin pelanggaran tata tertib. Sedangkan dampaknya terbukti tidak hanya menyadarkan siswi untuk menutup aurat, namun juga membuat kehidupan sosial siswi menjadi lebih terkontrol, membuat siswi mempunyai kehidupan yang religius, taat terhadap agama, dan pendidikan yang dibentuk atas kriteria agama mampu mendapatkan hasil yang unggul dalam masyarakat. 2) Faktor pendukung implementasi kebijakan sekolah adalah: mendapat dukungan dari pihak stakeholder, Kebiasaan siswa, dan Lingkungan sekolah yang mendukung. Sedangkan penghambatnya adalah: Kurangnya dorongan dari orang tua, dan sebagian siswi belum terbiasa dalam berpakaian menurut syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) ; Kurikulum dan Pedagogi Humaniora dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:46
Last Modified: 21 Oct 2020 03:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1624

Actions (login required)

View Item View Item