Upaya Guru Bimbingan Konseling (BK) dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMP Negeri 1 Semen Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020

TRI AGUSTINA, ADELIA (2020) Upaya Guru Bimbingan Konseling (BK) dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMP Negeri 1 Semen Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932111516_Pra Bab.pdf

Download (673kB)
[img] Text
932111516_Bab 1.pdf

Download (384kB)
[img] Text
932111516_Bab 2.pdf

Download (514kB)
[img] Text
932111516_Bab 3.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932111516_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
932111516_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
932111516_Bab 6.pdf

Download (307kB)
[img] Text
932111516_Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB)
[img] Text
932111516_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Siswa pada usia sekolah menengah pertama, seharusnya bisa fokus untuk menuntut ilmu, belajar hal-hal yang bermanfaat, dan memiliki sikap yang terpuji. Namun kenyataannya justru beberapa dari mereka banyak yang melakukan berbagai tindakan yang tidak terpuji yang seharusnya tidak mereka lakukan. Dalam kenyataan sehari-hari, sering dijumpai siswa yang nakal, tidak disiplin, dan berperilaku menyimpang dari aturan tata tertib sekolah. Dalam usaha untuk meminimalisir kenakalan siswa terutama di lingkungan sekolah, dibutuhkan adanya guru Bimbingan Konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Semen Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) mengetahui faktor penyebab kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Semen Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) mengetahui bentuk upaya guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Semen Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang mengungkapkan fenomena-fenomena yang ada secara konstektual melalui pengumpulan data yang dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini berupa jawaban lisan melalui wawancara atau jawaban tertulis melalui pertanyaan, gambaran tentang situasi kondisi yang berlangsung, dan dokumen yang berupa catatan-catatan, arsiparsip atau foto. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Selanjutnya, untuk melakukan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi yang meliputi triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi peneliti, dan triangulasi teoritik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMPN 1 Semen Kabupaten Kediri beraneka ragam, ada yang tidak masuk sekolah tanpa keterangan (alpa), bolos pelajaran, bercanda secara berlebihan dengan temanya, berkelahi dengan temannya, mencuri, merusak fasilitas sekolah, dan tidak memakai atribut seragam secara lengkap. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa ada 2 macam yaitu faktor internal (kontrol diri yang lemah) dan faktor eksternal (kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua, minimnya pemahaman tentang keagamaan, pengaruh dari lingkungan sekitar, dan pengaruh dari tempat pendidikan). Selanjutnya adalah upaya yang dilakukan guru Bimbingan Konseling di SMPN 1 Semen Kediri dalam mengatasi kenakalan siswa diantaranya adalah dengan upaya preventif (pencegahan dan pembinaan), upaya represif (tindak lanjut), dan upaya kuratif (perbaikan).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:25
Last Modified: 21 Oct 2020 03:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item