Pengaruh Motivasi Belajar dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Nganjuk

Novitasari, Intan (2017) Pengaruh Motivasi Belajar dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Sampul 1_Halaman Persetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (972kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (891kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Daftar Konsultasi_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Motivasi merupakan daya penggerak dari dalam diri seseorang untuk melaksanakan kegiatan dalam mencapai tujuan. Begitu juga dengan tinggi rendahnya tingkat pendidikan yang dimiliki orang tua akan mempengaruhi cara pandang dalam menilai sesuatu. Oleh karena itu tingkat pendidikan orang tua baik pendidikan SD, SMP, SMA, sampai Perguruan Tinggi akan menentukan tingkat kemampuannya dalam menerapkan pola mendidik.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammdiyah 1 Nganjuk, (2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Nganjuk, (3) Apakah motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammdiyah 1 Nganjuk, (4) Apakah tingkat pendidikan orang tua mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammdiyah 1 Nganjuk, (5) Apakah motivasi belajar dan tingkat pendidikan orang tua secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Nganjuk yang berjumlah 82 siswa. Sedangkan untuk sampelnya sebanyak 67 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan random sampling. Dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar nilai (-0,059) adalah lebih kesil dari (0,244) untuk kesalahan 5%. Sedangkan terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar nilai (0,066) adalah lebih kesil dari (0,244) untuk kesalahan 5%. Dan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama untuk motivasi belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar (0,299) adalah lebih besar dari (0,244) untuk kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:44
Last Modified: 12 Feb 2019 06:44
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item