Pemahaman Pekerja Seks Komersial Terhadap Konsep Keluarga Sakinah (Studi Kasus di Lokalisasi Kandangan Desa Kedungrejo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Propinsi Jawa Timur)

Abidin, Syaiful (2017) Pemahaman Pekerja Seks Komersial Terhadap Konsep Keluarga Sakinah (Studi Kasus di Lokalisasi Kandangan Desa Kedungrejo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Propinsi Jawa Timur). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DEPAN LENGKAP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (698kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (215kB)
[img] Text
PEDOMAN DOKUMENTASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
PEDOMAN WAWANCARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[img] Text
lampiran 2 pedoman observasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap pemahaman para PSK di lokalisasi Kandangan Desa Kedungrejo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk tentang konsep keluarga sakinah. Konteks ini menarik untuk diteliti mengingat sebagian besar diantara mereka telah berkeluarga dan mengaku mengupayakan kebahagiaan keluarga. Sehingga bagaimana pemahaman mereka tentang keluarga sakinah dan kondisi keluarga mereka menjadi masalah yang menarik untuk dijawab. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif diskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1). keluarga sakinah menurut pekerja seks komersial Lokalisasi Kandangan Desa Kedungrejo merupakan keluarga yang damai, saling setia, dan memiliki keluarga yang utuh. Standar ekonomi tidak menjadi dasar yang utama, akan tetapi standar sakinah menurut pasangan pekerja seks komersial terletak pada ikatan emosional antar anggota keluarga. 2). Keluarga pekerja seks komersial apabila dilihat sekilas memang terkesan tidak Islami, namun konsep keluarga sakinah yang dipahami perempuan pekerja Seks Komersial yang berkeluarga di praktekkan secara konsekuen dengan kondisi yang dihadapi. Segala sesuatu diterima sebagai pemberian dari Tuhan dan manusia harus dapat menerima. Praktek keluarga sakinah yang dilaksanakan Pekerja Seks Komersial Lokalisasi Kandangan Desa Kedungrejo dapat dikatakan sakinah secara duniawi akan tetapi kurang menyentuh hah-hal yang berkaitan dengan akhirat. Apabila dianalisis sesuai klasifikasi kementrian agama maka diperoleh hasil bahwa keluarga perempuan pekerja seks komersial masuk dalam klasifikasi keluarga Pra sakinah, dimana keluarga yang dibangun atas perkawinan yang sah dan belum dapat memenuhi kebutuhan spiritual dan material secara minimal, dan masih belum dapat memenuhi kebutuhan sosial psikologisnya seperti kebutuhan akan pendidikan, bimbingan keagamaan dalam keluarga, dan mengikuti interaksi sosial keagamaan dengan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220104 Human Rights and Justice Issues
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Ahwal Al-Syakhsiyah
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 13 Dec 2018 02:35
Last Modified: 13 Dec 2018 02:35
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item View Item