Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kediri

Adniya, Evie Rofi'atul (2018) Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932139714_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932139714_bab 1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932139714_bab 2.pdf

Download (209kB)
[img] Text
932139714_bab 3.pdf

Download (100kB)
[img] Text
932139714_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
932139714_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
932139714_bab 6.pdf

Download (16kB)
[img] Text
932139714_daftar pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] Text
932139714_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Profesionalisme merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Guru yang memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan proses pembelajaran terbentuk dari adanya profesionalisme yang tinggi. Tingkat profesionalisme guru ini akan mempengaruhi pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukannya. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 3 Kediri pada bidang kompetensi pedagogik, kepribadian, professional, sosial. 2)Apa saja kendala-kendala Kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 3 Kediri. Metode penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah jenis deskriptif kualitatif yang mempelajari masalah-masalah yang ada serta tata cara kerja yang berlaku. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan, mencatat, analisis dan menginterpretasikan kondisi yang sekarang ini terjadi atau yang ada. Dengan kata lain penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan yang ada. Pada objek penelitian yang menjadi sumber data adalah Kepala Madrasah dan guru MTsN 3 Kediri yang jumlahnya 9 orang sebagai informan utama dan pendukung yang terdiri dari 1 orang Kepala Madrasah, Wakasek 2 orang, guru 3 orang, dan 3 murid MTsN 3 Kediri tidak banyak dan serta dapat dijangkau, peneliti dapat menjalankan penelitiannya dengan sangat mudah. Hasil Penilitian ini adalah 1.a). Upaya yang dilakukan Kepala Madrasah dalam bidang kopetensi pedagogik yakni berusaha melengkapi prasarana pembelajaran, kerjasama dengan guru untuk menetapkan kurikulum, penyususnan silabus, RPP, melakukan perbaikan dalam setiap tugas masing-masing b) Pada bidang kopetensi profesional yakni memberikan kesempatan terhadap guru-guru untuk melanjutkan pendidikannya, meningkatkan skil, meningkatkan iklim kerja kondusif, memberangkatkan guru untuk MGMP, mengirim guru untuk mengikuti diklat atau seminar. c) Pada bidang kopetensi kepribadian yakni mengikutsertakan guru untuk berupaya menjalankan visi misi sekolah. d) Pada bidang kopetensi sosial yakni mepunyai hubungan yang sangat baik terhadap guru maupun siswa, memberikan motivasi secara individu maupun kelompok. 2) Kendala yang dihadapi Kepala Madrasah yakni kurangnya sarana dan prasana pembelajaran, kuarang sadarnya peningkatan kualitas diri, RPP masih ada yang copy paste, dan pengiriman seminar atau diklat yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:58
Last Modified: 20 Oct 2020 03:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item View Item