Implementasi Metode Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas X-OTKP 3 SMK PGRI 2 Kota Kediri.

Umam, M. Muhdil (2019) Implementasi Metode Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas X-OTKP 3 SMK PGRI 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108415_PRA BAB.pdf

Download (493kB)
[img] Text
932108415_BAB I.pdf

Download (554kB)
[img] Text
932108415_BAB II.pdf

Download (467kB)
[img] Text
932108415_BAB III.pdf

Download (347kB)
[img] Text
932108415_BAB IV.pdf

Download (505kB)
[img] Text
932108415_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
932108415_BAB VI.pdf

Download (6kB)
[img] Text
932108415_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932108415_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)

Abstract

Metode jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif di mana siswa, bukan guru, yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam melaksanakan pembelajaran.Jigsaw adalah teknik pembelajaran aktif yang biasa digunakan karena teknik ini mempertahankan tingkat tanggung jawab pribadi yang tinggi. Tujuan dari jigsaw ini adalah mengembangkan kerja tim, ketrampilan belajar kooperatif, dan menguasai pengetahuan secara mendalam yang tidak mungkin diperoleh apabila mereka mencoba untuk mempelajari semua materi sendirian. Fokus masalah yang diambil peneliti adalah: 1) Bagaimana implementasi metode jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X OTKP 3 di SMK PGRI 2 Kediri, 2) Bagaimana pengaruh metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X OTKP 3 di SMK PGRI 2 Kediri. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajain data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) implementasi metode jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK PGRI 2 Kediri telah diterapkan dengan baik dan proses menuju kesempurnaan, 2) sampai saat ini sudah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkanya metode jigsaw di kelas X OTKP 3 SMK PGRI 2 Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 19 Oct 2020 05:44
Last Modified: 19 Oct 2020 05:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item