Upaya kepala sekolah dalam menerapkan program keterampilan vokasional di MAN 1 Kota Kediri

Amaliya, Tika (2019) Upaya kepala sekolah dalam menerapkan program keterampilan vokasional di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932139015_PRA BAB.pdf

Download (840kB)
[img] Text
932139015_BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
932139015_BAB II.pdf

Download (336kB)
[img] Text
932139015_BAB III.pdf

Download (227kB)
[img] Text
932139015_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
932139015_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
932139015_BAB VI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
932139015_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (949kB)
[img] Text
932139015_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk membangun dan meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) menuju era globalisasi yang penuh dengan tantangan, Sehingga disadari bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang sangat fundamental bagi setiap individu. Oleh karena itu, kegiatan pendidikan tidak dapat diabaikan begitu saja, terutama dalam memasuki era persaingan yang semakin ketat, tajam, dan berat pada abad ini. Untuk itu Program keterampilan vokasional merupakan program yang pas untuk membekali peserta didik di Madrasah Aliyah yang drop out dan tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. Yang menjadi fokus penelitiannya yaitu 1) Bagaimana langkah yang dilakukan kepala sekolah dalam menerapkan program keterampilan Vokasional. 2) Apa faktor yang mendukung dan menghambat dari penerapan program keterampilan vokasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Kota Kediri. Sedangakan informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Metode pengumpulan yang digunakan adalah dengan cara : wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa (1) langkah yang dilakukakan kepala sekolah dalam meningkatkan program keterampilan di MAN 1 Kota Kediri ini melalui tiga langkah yaitu perencanaan dimana didalamnya membuat kebijakan-kebijakan, kemudian pelaksanaan yang dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, dan Evaluasi program yang dilakukan dengan evaluasi secara umum dan evaluasi dalam pembelajaran. (2) yang menjadi faktor pendukung yaitu MAN 1 Kota Kediri sudah menjadi acuan nasional sebagai MAN Penyelenggara program keterampilan, sealian itu juga adanya citra baik dari Masyarakat sebagai MAN Keterampilan. Sedangkan yang menjadi faktor pengambat dari pelaksanaan program ini yaitu kualitas lulusan yang belum sesuai dengan harapan serta keterbatasan keuangan Madrasah untuk optimalisasi program keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:29
Last Modified: 19 Oct 2020 04:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1568

Actions (login required)

View Item View Item