Implementasi Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Minat baca di SMP Negeri 1 Kediri

Istiqlal, Achmad Rama Nur (2019) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Minat baca di SMP Negeri 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932125115_PRA BAB.pdf

Download (833kB)
[img] Text
932125115_BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
932125115_BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
932125115_BAB II.pdf

Download (441kB)
[img] Text
932125115_BAB III.pdf

Download (390kB)
[img] Text
932125115_BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932125115_BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932125115_BAB VI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
932125115_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[img] Text
932125115_LAMPIRAN.pdf

Download (525kB)

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah merupakan program yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia dan diatur dalam peraturan pendidikan dan kebudayaan Nomor 21 tahun 2015. Gerakan literasi sekolah menengah pertama bertujuan untuk memupuk kebiasaan dan motivasi membaca siswa agar mampu menumbuhkan budi pekertinya melalui buku bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, adapun lokasi penelitian yaitu di SMPN 1 Kediri. Untuk memperoleh data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis tematik, dengan memahami data, menentukan tema dan menentukan kode. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui Minat Baca di SMPN 1 Kediri, (2) Mengetahui Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 1 Kediri, (3) Mengetahui Hambatan dan Solusi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 1 Kediri. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, (1) Minat Baca di SMPN 1 Kediri dapat diketahui dengan adanya, kebutuhan siswa dalam membaca, tindakan siswa dalam membaca, kegiatan siswa dalam membaca dan tindak lanjut membaca. (2) Gerakan Literasi Sekolah di SMPN 1 kediri, pada pelaksanaan tahapannya dilakukan sesuai jenjang kelas yang ada yaitu, Tahap pembiasaan kelas VII, tahap pengembangan kelas VIII dan tahap pembelajaran di Kelas IX. (3) Hambatan dan Solusi gerakan literasi sekolah di SMPN 1 Kediri terbagi menjadi dua, pertama faktor internal yaitu masalah yang timbul dari lingkungan sekolah dan eksternal meliputi faktor yang timbul diluar sekolah. Solusi dalam penyelesaian masalah mengacu pada permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL) ; Kurikulum dan Pedagogi Bahasa Inggris dan Literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Oct 2020 05:20
Last Modified: 15 Oct 2020 05:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item