Konsep Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Era Milenial (Studi Pemikiran Mahmud Yunus Dan Imam Zarkasyi)

Zahro, Lina Hidayatuz (2018) Konsep Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Era Milenial (Studi Pemikiran Mahmud Yunus Dan Imam Zarkasyi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101514_PRABAB.pdf

Download (349kB)
[img] Text
932101514_BAB 1.pdf

Download (329kB)
[img] Text
932101514_BAB 2.pdf

Download (372kB)
[img] Text
932101514_BAB 3.pdf

Download (376kB)
[img] Text
932101514_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
932101514_BAB 5.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932101514_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
932101514_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah bahwa pendidikan merupakan suatu upaya mewariskan nilai, yang akan menjadi penolong dan penentu umat manusia dalam menjalani kehidupan, terlebih untuk menghadapi tantangantantangan di era millennial ini dan sekaligus untuk memperbaiki nasib dan peradaban umat manusia. Terjadinya dinamika pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam pada saat ini tidak terlepas dari kiprah para tokoh-tokoh yang menyumbangkan pemikiran dan idenya dalam membangun pendidikan Islam di Indonesia, seperti Mahmud Yunus dan Imam Zarkasyi dua tokoh yang mempunyai reputasi yang sangat besar dalam mengembangkan dunia pendidikan Islam di Indonesia. Dalam skripsi ini, penulis mempunyai dua rumusan masalah, yaitu bagaimana konsep pendidikan Islam menurut pemikiran Mahmud Yunus dan Imam Zarkasyi dan bagaimana relevansi pemikiran Mahmud Yunus dan Imam Zarkasyi terhadap pendidikan di era millenial. Skripsi ini ditulis dengan menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitannya adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan melakukan studi pemikiran. Yakni pemikiran Mahmud Yunus dan Imam Zarkasyi. Menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer berupa buku Metodik Khusus Pendidikan Agama, Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran, Pedoman Pendidikan Modern, Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren, serta didukung dengan data sekunder berupa referensi penunjang lainnya yang berkaitan. Metode pengumpulan data pada penelitian kepustakaan ini adalah metode dokumenter, yakni dengan mengumpulkan sumber data, baik data primer maupun sekunder, kemudian mendisplainya. Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan content analysis. Jadi dalam tulisan ini konsep pendidikan Islam menurut pemikiran Mahmud Yunus dan Imam Zarkasyi masih relevan untuk diterapkan pada pendidikan era milenial ini sebagai jawaban juga solusi dari problem yang banyak muncul di era post modern/era milenial. Dilihat dari tujuan, kurikulum yang di terapkan, sampai sistem dan metode yang dipakai, juga sistem kelembagaannya yang relevan dengan pendidikan saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:47
Last Modified: 15 Oct 2020 02:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1517

Actions (login required)

View Item View Item