Hubungan Penerimaan Diri (Self Acceptance) Dengan Keterlibatan Terhadap Kegiatan Akademik (Academic Involvement) Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Sumberjo Kandat.

Yazid, Muhammad (2019) Hubungan Penerimaan Diri (Self Acceptance) Dengan Keterlibatan Terhadap Kegiatan Akademik (Academic Involvement) Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Sumberjo Kandat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932192715_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932192715_BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
932192715_BAB II.pdf

Download (282kB)
[img] Text
932192715_BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
932192715_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
932192715_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
932192715_BAB VI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
932192715_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
932192715_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)

Abstract

Orang Tua merupakan tokoh sentral dalam dunia anak, dimana orang tua memegang kunci untuk dapat membentuk berbagai karakter dan membangun kesuksesan anak. Khususnya anak berkebutuhan khusus yang mempunyai kelainan atau penyimpangan dari kondisi rata-rata anak normal pada umumnya baik dalam hal fisik, mental maupun karakteristik perilaku sosialnya tentu membutuhkan perhatian yang lebih dari orang tua. Orang tua harus menerima segala kondisi yang ada pada anak, penerimaan diri ini harus di ikuti dengan sikap terhadap anak. Sikap positif terhadap anak akan membuat hubungan anak dengan orang tua juga positif. Sikap positif orang tua juga harus di ikuti kemauan orang tua untuk terlibat lebih dalam kegiatan anak khususnya dalam bidang akademik. Dimana pada saat ini pendidikan atau akademik menjadi faktor dalam menunjang kesuksesan anak. Keterlibatan orang tua dalam bidang akademik dapat di wujudkan dalam bentuk aktivitas baik di rumah maupun di sekolah sehingga akan memliki dampak yang bak untuk anak, orang tua dan sekolah. Maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang hubungan penerimaan diri dengan keterlibatan terhadap kegiatan akademik pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Sumberjo Kandat dengan rumusan masalah, a) Bagaimana peneriman diri orang tua? b) Bagaimana keterlibatan terhadap kegiatan akademik orang tua? c) Apakah ada hubungan antra penerimaan diri dengan keterlibatan terhadap kegiatan akademik orang tua? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pola korelasi pada 60 orang tua yang diambil secara acak dan dijadikan sampel. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kuisioner (angket) dalam pengumpulan data. Adapun pada pengujian hipotesis peneliti menggunakan analisa data kuantitatif dengan rumus pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan. Berdasarkan nilai Sig (2-tailed) sebesar ,735 yang lebih besar dari pada nilai alpha 0,05, maka hasil tersebut menjelaskan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penerimaan diri dengan keterlibatan terhadp kegiatan akademik pada orang tua. Sedangkan jika dilihat dari rata-rata penerimaan diri orang tua dan keterlibatan terhadap kegiatan akademik orang tua adalah 134,0833 dan 160,6667, menunjukkan bahwa penerimaan diri orang tua dan keterlibatan terhadap kegiatan akademik orang tua di SLB Negeri Sumberjo Kandat adalah Baik sesuai dengan interval pada pedoman interpretasi true score.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:38
Last Modified: 15 Oct 2020 02:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item View Item