Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Grogol,

Marsela, Purin (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Grogol,. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932119715_PRA BAB.pdf

Download (6MB)
[img] Text
932119715_BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932119715_BAB II.pdf

Download (519kB)
[img] Text
932119715_BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932119715_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
932119715_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
932119715_BAB VI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
932119715_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] Text
932119715_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di era globalisasi ini, banyak sekali pergeseran nilai dalam kehidupan masyarakat dikarenakan para generasi kita masih banyak yang belum mampu untuk membaca al-Qur’an secara baik apalagi memahaminya. Merujuk pada hal tersebut sekolah sebagai wadah dalam mendidik individu, untuk kebaikan budi pekerti dan pengetahuan maupun pengalamannya. Berkaitan dengan hal tersebut adapun tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, Mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X melalui kegiatan intrakurikuler di SMA Negeri 1 Grogol. Kedua, Mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X melalui kegiatan ekstrakurikuler al-Qur’an dan Studi Kerohanian Islam di SMA Negeri 1 Grogol. Ketiga, mengetahui faktor penghambat dari upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X di SMA Negeri 1 Grogol. Keempat, Mengetahui faktor pendukung dari upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X di SMA Negeri 1 Grogol. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan 3 teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan kriteria kredibilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMA Negeri 1 Grogol, yaitu: 1) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis melalui kegiatan intrakurikuler yaitu melalui berdoa sebelum pelajaran dimulai, membaca Asmaul Husna sebelum pelajaran dimulai, serta membiasakan membaca al-Qur’an beserta artinya dan menggunakan metode imla’ untuk menulis al-Qur’an. 2) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas X melalui kegiatan ekstrakurikuler al-Qur’an dengan memberdaya anggota SKI, melaksanakan kegiatan ekstra al-Qur’an rutin dan wajib bagi kelas X setiap hari Jum’at dan terdapat lembar prestasi untuk memantau perkembangan kemampuan membaca siswa dan untuk mengetahui aktif tidaknya siswa mengikuti ekstra alQur’an. 3) Faktor penghambat dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an adalah siswa enggan membawa al-Qur’an Juz’ Amma (kegiatan intrakurikuler), anggota SKI enggan menjadi tutor karena ragu akan kemampuannnya, dan beberapa siswa kelas X membolos kegiatan ekstra al- x Qur’an. 4) Faktor pendukung dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an adalah dengan menggunakan media iqra’ yang sudah banyak diketahui siswa, dukungan kegiatan dari pihak sekolah dan kurikulum serta pemberdayaan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:46
Last Modified: 14 Oct 2020 03:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item View Item