Implementasi Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Dalam Meningkatan Penjualan Hijab Ditinjau Dari Syari’ah Marketing (Studi Kasus Di Usmanika Faza Hijab Kediri)

Darliana, Elsa (2018) Implementasi Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Dalam Meningkatan Penjualan Hijab Ditinjau Dari Syari’ah Marketing (Studi Kasus Di Usmanika Faza Hijab Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931306114_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931306114_BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
931306114_BAB II.pdf

Download (470kB)
[img] Text
931306114_BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
931306114_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
931306114_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
931306114_BAB VI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
931306114_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
931306114_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)

Abstract

Aspek strategi pemasaran ada 3 (tiga) yaitu segmenting, targeting dan positioning. Apabila ketiga aspek strategi pemasaran tersebut sudah berjalan, maka dalam suatu perusahaan akan meningkatkan volume penjualannya. Ketiga aspek ini sangat penting dalam pemasaran, Usmanika Faza Hijab merupakan usaha yang menjual berbagai macam hijab yang selalu mengikuti trend, sudah ada sejak tahun 2010 dan pemasarannya terus mengalami perkembangan. Hal ini menjadi menarik untuk dikaji mengingat tidak banyak perusahaan belum lama berdiri sudah mampu meningkatkan volume penjualan dengan cepat dan luas ditinjau dari Syari’ah marketing apakah sudah mampu. Dengan demikian yang menjadi fokus penelitian yang dapat diambil adalah (1) bagaimana implementasi strategi segmenting, targeting dan positioning dalam meningkatkan penjualan hijab di Usmanika Faza Hijab, (2) bagaimana tinjauan syari’ah marketing terhadap implementasi strategi segmenting, targeting dan positioning dalam meningkatkan penjualan Hijab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, dimana kehadiran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Sumber data utama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Usmanika Faza hijab sudah menerapkan 3 (tiga) aspek pemasaran yaitu : segmenting, targeting dan positioning. Segmenting pasar cukup luas mulai dari segmentasi demografi, geografi, dan pshycography. Target pasar yang di tuju yaitu anak-anak remaja putri yang berusia antara 12-22 tahun, tempat tinggal mulai dari desa sampai kota. Strategi positioning yang di pakai Usmanika Faza hijab yaitu dengan cara menggait pelanggan dengan promo, pembelian paket hijab dan give away. Serta hijab yang dijual selalu mengikuti trend yang ada dan banyak model hijab serta warna hijab yang bervariasi. (2) Ditinjau dari syari’ah marketing Usmanika Faza Hijab sudah mengamalkan karakteristik syari’ah marketing yang meliputi teistis (ketuhanan) yaitu yakin bahwa setiap gerak-gerik yang dilakukan selalu diawasi oleh Allah SWT, etis (akhlak) yaitu ibu Usmanika dan pegawai selalu berlaku baik kepada siapa saja, realistis (fleksibel) yaitu ibu Usmanika tidak berbohong antara hijab dan postingan yang ada di sosial media, dan humanistis (universal) yaitu saling menghormati sesama.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Oct 2020 02:10
Last Modified: 14 Oct 2020 02:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1487

Actions (login required)

View Item View Item