Upaya Pengembangan Kemandirian dalam Ibadah melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Tunanetra (Studi Kasus di Kelas V SLB ‘Aisyiyah Ponorogo)

KHOLIDAH, FAJARUL (2017) Upaya Pengembangan Kemandirian dalam Ibadah melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Tunanetra (Studi Kasus di Kelas V SLB ‘Aisyiyah Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
I. cover skripsi_v. halaman pra bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
VI. BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
VII. BAB II.pdf

Download (448kB)
[img] Text
VIII. BAB III.pdf

Download (227kB)
[img] Text
IX. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
X. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
XI. BAB VI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
XII. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text
XII. PROFIL PENULIS_XIV. LAMPIRAN-LAMPIRANf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tunanetra merupakan kondisi ketidakmampuan atau kekurangan fungsi penglihatan. Anak tunanetra memiliki indra lain yang dapat dikembangkan dengan baik. Kemandirian dalam ibadah siswa tunanetra merupakan keniscayaan yang harus segera ditumbuhkembangkan agar mampu diterapkan secara sempurna sejak dini. SLB ‘Aisyiyah Ponorogo merupakan salah satu sekolah di Jawa Timur yang mengakomodasi pendidikan bagi anak tunanetra. SLB ini dilengkapi panti asuhan tunanetra terpadu di dalamnya yang berfungsi sebagai tempat tinggal siswa SLB sekaligus tempat pengembangan kemandirian ibadah siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik meneliti upaya pengembangan kemandirian dalam ibadah siswa tunanetra melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB ‘Aisyiyah Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahapan selanjutnya menganalisis seluruh data yang diperoleh dari lapangan. Tahap akhir pada penelitian ini adalah melakukan teknik pemeriksaan untuk pengecekan keabsahan data. Teknik pemeriksaan didasarkan pada derajat kredibilitas, untuk membuktikan bahwa apa yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti telah sesuai dengan kenyataan yang ada dalam proses penelitian. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas V SLB ‘Aisyiyah Ponorogo menekankan pada indikator dan tujuan pembelajaran yaitu kemampuan siswa mempraktekkan materi secara mandiri dengan metode dan media pembelajaran menggunakan media audio dan braille, 2) Pelaksanaan pembelajaran agama Islam di kelas V SLB ‘Aisyiyah Ponorogo menggunakan pendekatan individual agar siswa benar-benar memahami tatacara ibadah dan mudah mempraktekkan materi secara mandiri 3) Evaluasi pembelajaran agama Islam menggunakan penilaian tulis dengan huruf braille, lisan, dan sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 08 Feb 2019 08:46
Last Modified: 08 Feb 2019 08:46
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item