Penerapan Metode Maternal Reflektif (Mmr) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Tunarungu Di Sdlb-B Putera Asih Kediri

Aryani, Mivatul (2019) Penerapan Metode Maternal Reflektif (Mmr) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Tunarungu Di Sdlb-B Putera Asih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117919 - PRA BAB .pdf

Download (741kB)
[img] Text
932117919 - BAB 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932117919 - BAB 2.pdf

Download (219kB)
[img] Text
932117919 - BAB 3.pdf

Download (199kB)
[img] Text
932117919 - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
932117919 - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
932117919 - BAB 6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932117919 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
932117919 - LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode maternal reflektif (MMR) yaitu sebuah metode yang menitikberatkan kepada pengajaran bahasa seorang ibu kepada anak melalui percakapan dengan penuh kasih sayang, alamiah, spontan serta menggunakan bahasa sehari-hari. Pada pembelajaran PAI, metode maternal reflektif (MMR) digunakan untuk memberikan pembelajaran agama secara efektif dan efesien serta untuk mempermudah siswa dalam berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan metode maternal reflektif (MMR) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di SDLB-B Putera Asih Kediri, (2)Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode maternal reflektif (MMR) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di SDLB-B Putera Asih Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif serta teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa terdapat dua pokok temuan (1) Penerapan metode maternal reflektif (MMR) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di SDLB-B Putera Asih Kediri yaitu memiliki tiga tahap pelaksanaan pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Faktor yang mempengaruhi penerapan metode maternal reflektif (MMR) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di SDLB-B Putera Asih Kediri yaitu guru profesional, kecerdasan siswa dan sarana dan prasarana. Ketiga faktor saling berkaitan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar agar dapat berjalan dengan optimal dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:22
Last Modified: 08 Oct 2020 03:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item View Item