Peran Ma'had Darul 'Ilmi Dalam Mengembangkan Religiusitas Siswa (Studi Kasus Di Man 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018-2019

Nafisah, Binti Fitrotun (2019) Peran Ma'had Darul 'Ilmi Dalam Mengembangkan Religiusitas Siswa (Studi Kasus Di Man 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117815 - PRA BAB.pdf

Download (600kB)
[img] Text
932117815 - BAB I .pdf

Download (345kB)
[img] Text
932117815 - BAB II .pdf

Download (678kB)
[img] Text
932117815 - BAB III .pdf

Download (442kB)
[img] Text
932117815 - BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
932117815 - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
932117815 - BAB VI .pdf

Download (199kB)
[img] Text
932117815 - DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (320kB)
[img] Text
932117815 - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Dalam mengembangan religiusitas siswa, Ma'had Darul 'Ilmi telah memberikan progam-program yang bermuatan keislaman. Progam-program tersebut diantaranya ta'lim diniyah, shalat wajib berjama'ah, shalat sunnah, puasa sunnah, ngaji Al-Qur'an, dan sholawatan. Untuk menunjang kebehasilan program di atas, Ma'had Darul 'Ilmi telah memberikan pendampingan bagi siswa seperti adanya para pengasuh dan pendidik yang serta merta membantu siswa dengan memberikan pendidikan, bimbingan, dan arahan selama berada di Ma'had. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, para pengasuh dan pendidik berupaya untuk memberikan pembiasaan dan keteladanan serta metode-metode yang dapat mendorong siswa untuk mengembangkan wawasan keislaman sekaligus memberikan pemahaman baik dari segi teori maupun praktik. Dengan begitu Ma'had Darul 'Ilmi merupakan salah satu bagian dari program pelayanan bagi siswa MAN 2 Kota Kediri agar menghasilkan output yang berkualitas akademis, sadar akan fungsi dan perannya serta hak dan kewajiban sebagai kader umat dan kader bangsa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan menggunakan pendekatan studi kasus. Serta menggunakan analisis data model analisis deskriptif dengan menguraikan atau menjelaskan hasil data yang diperoleh di lapangan dari hasil wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) program yang dapat mengembangkan religiusitas siswa/santri, meliputi Ta'lim diniyah, shalat wajib berjama'ah, shalat sunnah, puasa sunnah, ngaji Al-Qur'an, dan sholawatan. (2) pelaksanaan program Ma'had Darul 'Ilmi dilakukan dengan menggunakan pola pembinaan pembiasaan dan keteladanan. Sedangkan pembelajarannya menggunakan metode sorogan dan klasikal. (3) religiusitas siswa di Ma'had Darul 'Ilmi meliputi memiliki pengetahuan tentang agamanya seperti mengerti bagaimana niat shalat, tata cara shalat yang benar, dan pengetahuan lainnya, terbiasa membaca Al-Qur'an, mengerjakan shalat wajib dengan berjama'ah dan berdzikir, mengerjakan shalat sunnah, mengerjakan puasa sunnah, selalu membuka dan menutup kegiatan dengan do'a, menjaga kebersihan lingkungan, memakai pakaian yang menutup aurat, memiliki rasa syukur terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah, berakhlakul karimah, dan bersholawat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:12
Last Modified: 08 Oct 2020 03:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1457

Actions (login required)

View Item View Item