Efektivitas Ta’zir Dalam Bentuk Bimbingan Jasmani Terhadap Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Modern Mamba’us Sholihin 2 Kab. Blitar

Choirul Rozikin, Moh (2020) Efektivitas Ta’zir Dalam Bentuk Bimbingan Jasmani Terhadap Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Modern Mamba’us Sholihin 2 Kab. Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
pra bab.pdf

Download (473kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (415kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (333kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
bab 6.pdf

Download (217kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren Modern Mamba’us Sholihin 2 Kab. Blitar merupakan suatu lembaga pendidikan non formal yang bertujuan untuk menanamkan keyakinan-keyakinan dan nilai-nilai keislaman. Sebagai sebuah proses, pendidikan memerlukan kedisiplinan, sementara kedisiplinan itu sendiri merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Penerapan Ta‟zir dalam Bentuk Bimbingan Jasmani di Pondok Pesantren Modern Mamba’us Sholihin 2 Kab. Blitar? 2) Bagaimana Efektivitas Ta‟zir dalam Bentuk Bimbingan Jasmani Terhadap Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Modern Mamba’us Sholihin 2 Kab. Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh di lapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data, selanjutnya dilakukan penyajian data untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Ta‟zir yang diterapkan dalam bentuk bimbingan jasmani di Pondok Pesantren Modern Mamba’us Sholihin 2 Kab. Blitar adalah push up, jumping jump, berdiri dan lari-lari. Serta dalam penerapanya mengandung nilai mendidik atau membimbing, bukan karena dendam, konsisten, adil dan hukuman diberikan langsung kepada santri yang melanggar peraturan tanpa menunda-nunda, serta pemberian ta‟zir sesuai buku “Santri Q” atau kesepakatan bersama. Serta hasil penerapan ta‟zir dalam bentuk bimbingan jasmani di Pondok Pesantren Modern Mamba’us Sholihin 2 Kab. Blitar menunjukan efektif, terbukti menjadikan santri jera, sadar diri, dan malu terhadap perbuatanya, sehingga disiplin santri meningkat dalam menaati peraturan, beribadah dan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 Oct 2020 02:22
Last Modified: 08 Oct 2020 02:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1450

Actions (login required)

View Item View Item