Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Seni Kaligrafi Siswa di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (SAKAL) Pondok Pesantren Denanyar Jombang

KURNIASARI, ERLINA (2017) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Seni Kaligrafi Siswa di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (SAKAL) Pondok Pesantren Denanyar Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (417kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL dll_RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena khat arab memiliki keterkaitan dengan semua disiplin ilmu. Dan pada masa sekarang ini telah menjadi sebuah ajang bergengsi atau media ekspresi seni yang luar biasa. Jadi, bukan suatu alasan lagi untuk tidak mengkaji khat arab secara komprehensif. Oleh karena itu perlu adanya identifikasi terhadap suatu upaya yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran kaligrafi, sehingga nantinya akan tercipta suatu upaya yang mampu meningkatkan kualitas seni kaligrafi siswa.dalam penelitian ini difokuskan pada: 1. Bagaimana seni kaligrafi yang berkualitas menurut Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (SAKAL) PP. Mamba’ul Denanyar Jombang? 2. Bagaimana kegiatan seni kaligrafi di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (SAKAL) PP. Mamba’ul Denanyar Jombang? 3. Upaya apa saja yang dilaksanakan guru dalam meningkatkan kualitas seni kaligrafi siswa di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (SAKAL) PP. Mamba’ul Denanyar Jombang? Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu data yang disajikan berupa kata-kata atau tindakan. Dan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimana ketiga komponen tersebut, merupakan satu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang sudah ada, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan mengakategorikan data. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Dari berbagai persepsi tentang kaulitas seni kaligrafi dapat disimpulkan bahwa: seni kaligrafi yang berkualitas itu adalah seni kaligrafi yang tidak mengenyampingkan kaidah, dalam artian karya tersebut harus sesuai dengan kaidah. Selian itu juga Kaligrafi yang berkualitas dari segi tulisan adalah ketika tulisannya sesuai kriteria dalam setiap jenis khat itu sendiri, yang terpenting juga adalah bahan alat-alat yang digunakan untuk menulis dalam berkaya maupun setoran kepada guru dalam setiap pertemuannya. 2) kegiatan seni kaligrafi di SAKAL sudah terstruktur secara rapi. Proses pembelajran di SAKAL menggunakan sistem sanad. Pembelajaran seperti ini menggunakan metode taqlidy. Selain itu juga dalam setiap semesternya diadakan ujian sesuai dengan tingkatannya, dan juga pembuatan minimal satu karya. 3) upaya-upaya yang dilaksanakn guru dalam meningkatkan kualitas seni kaligrafi siswa, maka dapat di simpulkan bahwa upaya yang dilakukan adalah a) Membagi kelas menjadi tiga kelas. b) Pemberian standarisasi bagi guru dalam mengajar. c) Memperbaiki kualitas proses pembelajaran dengan adanya manhaj hamidi yang dijadikan pijakan. d) Selalu mengevaluasi pembelajaran serta rapat sekolah. e) Melatih siswa untuk pembuatan karya, mengikuti event-event kaligrafi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 08 Feb 2019 08:25
Last Modified: 08 Feb 2019 08:25
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item