Implementasi SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah) Untuk Menunjang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Man 2 Kediri)

Adin Rahmawati, Ellya (2020) Implementasi SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah) Untuk Menunjang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Man 2 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
pra bab.pdf

Download (942kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (878kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (392kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
bab 6.pdf

Download (360kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (293kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)

Abstract

SKUA merupakan program intruksi dari Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Timur yang bertujuan untuk solusi kelemahan baca tulis al-Qur‟an, kelemahan ubudiyah dan akhlakul karimah. Melihat kondisi saat ini proses pembelajaran lebih tefokus pada nilai kognitif saja. Dengan adanya SKUA di MAN 2 Kediri aspek penilaian ini meliputi 3 macam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bentuk perencanaan SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah) untuk menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN 2 Kediri (2) Mendeskripsikan pelaksanaan SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah) di MAN 2 Kediri untuk menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam (3) Mendeskripsikan evaluasi SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah) untuk menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN 2 Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif jenis studi kasus. Dalam penelitian, ini peneliti berperan sebagai pengamat nonpartisipatif. Data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah versi Moeloeng, dengan tahapan penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi, pengecekan keanggotaan dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian deskriptif mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan SKUA tidak perlu membuat RPP dan silabus. Melainkan hanya menetapkan pembimbing SKUA, pembagian jam mengajar serta menentukan materi ajar SKUA (2) Pelaksanaan SKUA ini membahas mengenai materi dan metode. Materi dalam SKUA meliputi kecakapan al-Qur‟an-Ḥadith, akidah-akhlak, fiqh, dzikir dan do‟a. Sementara itu metode yang digunakan adalah metode hafalan, latihan dan demonstrasi (3) Evaluasi SKUA di MAN 2 Kediri ini meliputi 3 aspek afektif, kognitif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 07 Oct 2020 03:09
Last Modified: 07 Oct 2020 03:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1430

Actions (login required)

View Item View Item