Dampak Penanaman Budaya Religius Pada Peserta Didik (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri)

Rosyadah, Alfina (2020) Dampak Penanaman Budaya Religius Pada Peserta Didik (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
pra bab.pdf

Download (806kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (388kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (718kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (393kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
bab 6.pdf

Download (381kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (296kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)

Abstract

Pada era sekarang banyak terjadi permasalahan amoral yang menyimpang dari syariat agama. Guna mengatasi hal tersebut diperlukan alternatif solusi, yakni dengan memperkuat pendidikan agama melalui kegiatan-kegiatan keagamaan di lembaga pendidikan (budaya religius). Jadi dengan adanya penanaman budaya religius diharapkan dapat membentuk karakter, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik, memperkuat nilai ketauhidan, pengetahuan agama, serta praktik kegiatan keagamaan. Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan penanaman budaya religius di SMA Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri?. (2) Bagaimana dampak penanaman budaya religius pada peserta didik di SMA Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri?. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dan mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Mengenai analisis data peneliti menggunakan 3 cara yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan penanaman budaya religius yang ada di SMA Negeri 1 Purwoasri berjalan cukup baik. Adapun bentuk-bentuk kegiatannya yakni: (1) Aspek ibadah, berupa kegiatan rutin membaca Al-Qur’an, berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, istighosah, shalat wajib berjama’ah, shalat yang tidak wajib, kantin kejujuran dan ekstrakulikuler keagamaan. (2) Aspek sosial, berupa budaya 5 S, infaq, bakti sosial, pembagian zakat dan daging qurban. (3) Aspek keyakinan, berupa peringatan hari besar dan do’a bersama. Dalam pelaksanaan budaya tersebut berdampak pula pada perilaku peserta didik yaitu lebih agamis, disiplin dan peduli sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:02
Last Modified: 07 Oct 2020 02:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item View Item