Implementasi Program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an Siswa (Study Kasus MI AL-Islam Susohbango Kec. Ringinrejo Kab. Kediri)

Miftahur, Rohmah (2017) Implementasi Program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an Siswa (Study Kasus MI AL-Islam Susohbango Kec. Ringinrejo Kab. Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
SAMPUL DEPAN_MOTTO.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB 3 .pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB 5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (240kB)
[img] Text
NOTA DINAS_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan salah satu wadah bagi anak untuk belajar memperoleh pengetahuan dan mengembangkan berbagai kemampuan dan ketrampilan. Oleh karena itu, pengajaran di sekolah adalah salah satu usaha yang bersifat sadar, bertujuan, sistematis dan terarah pada perubahan tingkah laku atau sikap. Perubahan tingkah laku itu dapat terjadi, manakala proses pengajaran terjadi di sekolah.Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) MI AL-Islam Susohbango Kec. Ringinrejo Kab. Kediri? 2) Apakah program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) dapat meningkatkan kemampuan Pembelajaran al-Qur’an siswa di MI AL-Islam Susohbango Kec. Ringinrejo Kab. Kediri.Sedangkan Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) di MI AL-Islam Susohbaango Kec. Ringinrejo Kab. Kediri 2) Untuk mengetahui apakah program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) dapat meningkatkan kemampuan Pembelajaran al-Qur’an siswa di MI AL-Islam Susohbango Kec. Ringinrejo Kab. Kediri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci dan sebagai alat pengumpul data. Sumber data di peroleh dari kepala sekolah, guru, wali murid, masyarakat dan siswa. Prosedur pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap sebelum ke lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Dalam penelitian ini dihasilkan dua temuan, yaitu: 1) Implementasi program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) di MI Al-Islam Susohbango Kec Ringinrejo Kab. Kediri Landasan, tujuan, sasaran, dan target program BTQ : Landasan program BTQ dari SK Kepala Sekolah mengenai program BTQ. Tujuan program BTQ adalah: Memberantas buta baca dan tulis al-Qur’an, Mendalami isi kandungan al-Qur’an, Ikut melestarikan kemurnian al-Qur’an. Sasaran program BTQ adalah siswa dan siswi kelas IV dan V MI Al-Islam Susohbango Kec Ringinrejo Kab. Kediri , yang tidak dapat membaca dan menulis al-Qur’an, Target program BTQ adalah 50% dari peserta BTQ dapat membaca al-Qur’an sedangkan menulisnya tidak ditekankan. 2) Peningkatan kemampuan Baca tulis al-Qur’an siswa di MI Al-Islam Susohbango dengan program BTQ Peningkatan program BTQ di MI Al-Islam Susohbango Ringinrejo Kab. Kediri bisa dikatakan berhasil meskipun belum sempurna hal ini terlihat dari kondisi siswa yang semula buta baca al-Qur’an sekarang hampir tidak ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 07 Feb 2019 08:19
Last Modified: 07 Feb 2019 08:19
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item