Etika Menuntut Ilmu Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Karya Syaikh Az-Zarnuji Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter

Syani, Ahmad Khoirul (2019) Etika Menuntut Ilmu Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Karya Syaikh Az-Zarnuji Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
_932105415 - prabab .pdf

Download (1MB)
[img] Text
_932105415 BAB 1 .pdf

Download (716kB)
[img] Text
_932105415 - BAB 2 .pdf

Download (435kB)
[img] Text
_932105415 - BAB 3 .pdf

Download (824kB)
[img] Text
_932105415 - BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
_932105415 - BAB 5 .pdf

Download (422kB)
[img] Text
_932105415 - DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (426kB)
[img] Text
_932105415 - LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)

Abstract

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam membangun sebuah karakter manusia. Namun dewasa ini banyak ditemukan bahwa peserta didik yang minim akan akhlak, adab dan etika dalam menuntut ilmunya. Bahkan banyak sekali kasus kekerasan yang dilakukan murid terhadap gurunya. Hal ini tentu menjadi sebuah masalah yang harus diselesaikan. Banyak nilai-nilai pendidikan yang mulai dilupakan seperti pendidikan etika, karakter dan akhlak. Pendidkan tersebut mulai dilupakan karena pelaku pendidikan hanya sibuk mengejar pemahaman dan pengetahuan saja tanpa memikirkan bagaimana pentingnya ilmu pengetahuan harus di barengi dengan pendidikan karakter, etika dan akhlak yang baik. Agar ilmu pengetahuan yang didapatnya benar-benar dapat bermanfaat, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain, pun dapat membawa pelaku pendidikan kepada sesuatu yang lebih baik pula.Rumusan masalah yang akan dibahas adalah 1) Bagaimana bentuk etika menuntut ilmu yang terkandung dalam kitab Ta’limul Muta’allim?2) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang dirumuskan oleh Kemendikbud? 3) Bagaimana relevansi etika mencari ilmu dalam kitab Ta’limul Muta’allim terhadap Pendidikan karakter? Untuk menjabarkan dan menjawab rumusan masalah diatas penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Metode analisis data yang digunakan adalah: Analisis Deskriptif dan Content Analysis. Teknik analisis ini merupakan kesimpulan yang shahih dari sebuah buku atau dokumen, juga merupakan teknik untuk menemukan karakteristik pesan, yang mana dalam penggarapannya dilakikan secara objektif dan sistematis. Selanjutnya Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan cara mengumpulkan literatur yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 28 etika menuntut ilmu dalam kitab ta’limul muta’allim relevan dengan 18 nilai pendidikan karakter yang dirumuskan oleh kemendiknas. Hasil penelitian relevansi antara etika menuntut ilmu dalam kitab ta’limul muta’allim dengan pendidikan karakter diantaranya adalah: Dalam ta’limul muta’allim ada etika menuntut ilmu diantaranya berdo’a, bersyukur, lillahita’ala, dan menghadap kiblat ketika sedang belajar/menuntut ilmu. Ini sejalan/relevan dengan salah satu nilai pendidikan karakter yang dirumuskan kemendiknas yaitu pada nilai karakter religius. Yang mana telah dijelaskan pada tabel nilai pendidikan karakter sebelumnya, religius adalah Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan agama yang dianutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:44
Last Modified: 05 Oct 2020 04:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item