Implementasi Full Day School dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas 5 di SD Plus Rahmat Kota Kediri

MA’RUF, DZULKIFLI ALY (2017) Implementasi Full Day School dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas 5 di SD Plus Rahmat Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1 Cover_10 DAFTAR ISI.pdf

Download (389kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (45kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (99kB)
[img] Text
13 BAB III siip.pdf

Download (72kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] Text
surat lampiran_RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan dapat menjadi tolak ukur bagi kemajuan dan kehidupan suatu bangsa, sehingga dapat dikatakan bahwa kemajuan suatu bangsa dapat dicapai salah satunya adalah dengan melalui pembaharuan serta penataan pendidikan dengan baik. Jadi keberadaan pendidikan memiliki peran yang sangat penting terutama dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang cerdas, pandai, berilmu pengetahuan, berjiwa sosial, demokratis, serta berakhlak mulia. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, banyak sekali usaha-usaha yang dilakukan lembagalembaga pemerintah ataupun swasta dengan menerapkan atau kurikulum yang dirasa pas untuk mewujudkan tujuan tersebut. Salah satu diantaranya adalah full day school. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui (1) Program-program apa yang dilaksanakan dalam full day school untuk membentuk akhlak siswa kelas 5di SD Plus Rahmat Kota Kediri. ? (2) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi program-program dalam full day school untuk membentuk akhlak siswa kelas 5 di SD Plus Rahmat Kota kediri ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di SD Plus Rahmat Kota Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum dan guru-guru bidang studi lingkup pendidikan agama Islam. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan mengadakan member checking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. (1) Perencanaan program-program dalam full day school untuk membentuk akhlak siswa kelas 5 di SD Plus Rahmat Kota kediri memperhatikan beberapa aspek yaitu SDM, fasilitas, tujuan yang ingin di capai, sarpras dan finasial yang ada sebagai penunjang keberhasilan dari program tersebut. (2) Pelaksanaan program-program yang ada telah menumbuhkan beberapa akhlak yaitu : sabar, menghormati orang yang lebih tua, guru dan sesama, taubat, amar ma’ruf nahi munkar, syukur tekun beribadah. Sehingga para siswa sebagian besar telah menjadi siswa yang berakhlakan mulia. (3) Dalam evaluasi program sekolah menggunakan dua cara yaitu evaluasi pada saat program itu berlangsung dan evaluasi melihat hasil akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:37
Last Modified: 07 Feb 2019 07:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item View Item