STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MTSN 1 NGANJUK

NGARIFIN, MOHAMAD ZAENAL (2018) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MTSN 1 NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932138214_PRA BAB.pdf

Download (305kB)
[img] Text
932138214_BAB II.pdf

Download (188kB)
[img] Text
932138214_BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
932138214_BAB III.pdf

Download (147kB)
[img] Text
932138214_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
932138214_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
932138214_BAB VI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
932138214_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi sebuah fenomena yang mana masyarakat berkepentingan dengan kurikulum Pendidikan Agama Islam sebab kita sebagai masyarakat selalu mengharapkan tumbuh dan berkembangnya anak, pemuda dan generasi muda yang lebih baik, lebih cerdas, lebih berkemampuan, dan lebih berjiwa islami. Dalam upaya pengembangan kurikulum ini banyak kita jumpai berbagai macam permasalahan yang menyertainya. Salah satunya adalah saat ini pengembangan kurikulum belum berorientasi pada kepentingan peserta didik, tetapi peserta didik sebagai objek. Untuk mengatasi permasalahan yang selalu menyertai pengembangan kurikulum, diperlukan strategi yang tepat agar tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Kemudian tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat disampaikan kesimpulan sebagai berikut (1) Alasan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MTsN 1 Nganjuk : MTsN 1 Nganjuk ingin mewujudkan visi, misi dan tujuan yang ada di MTsN 1 Nganjuk dengan tidak mengesampingkan potensi peserta didik, daerah, keadaan sosial dan juga kebutuhan masyarakat. (2) Komponen kurikulum yang dikembangkan di MTsN 1 Nganjuk adalah semua komponen kurikulum meliputi komponen isi, tujuan,alat atau media dan juga evaluasi. (3) Banyaknya kegiatan keagamaan merupakan strategi dari hasil pengembangan semua komponen kurikulum di MTsN 1 Nganjuk serta penggunaan semua pendekatan dan prinsip pada pengembangan kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:17
Last Modified: 14 Sep 2020 04:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item