IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

UMMAH, FAUZIATUL (2018) IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932139614_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932139614_BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
932139614_BAB II.pdf

Download (543kB)
[img] Text
932139614_BAB III.pdf

Download (621kB)
[img] Text
932139614_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
932139614_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
932139614_BAB VI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
932139614_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci: Sistem Kredit Semester (SKS), Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sistem Kredit Semester yang biasanya hanya diterapkan di perguruan tinggi dan pada tahun 2010 BSNP telah membuat buku pedoman Sistem Kredit Semester (SKS) untuk diterapkan pada lembaga pendidikan tingkat SMP/MTs dan SMA/MA. Sistem Kredit Semester merupakan sebuah sistem penyelenggaraan program pendidikan dimana peserta didik menentukan sendiri beban mata pelajaran yang akan diikuti setiap semester pada satuan pendidikan. Sedangkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat diperlukan dalam membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman, serta dengan sadar dan tulus menerapkan nilai-nilai ajaran agama Islam dalam kehidupan yang sedang atau akan dijalaninya. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan Sistem Kredit Semester dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018? 2) apa saja faktor pendukung dan penghamabat penerapan Sistem Kredit Semester dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018? Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian dimulai dari tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) (a) Pengambilan beban belajar berdasarkan kemampuan belajar siswa. (b) Penilaian diambil dari nilai pengetahuan, keterampilan, dan sikap. (c) Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh setiap guru sebelum mengajar. (d) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat. (e) Evaluasi melalui ulangan harian, UTS, dan UAS. 2) Faktor pendukung, diantaranya: (a) siswa kelas proyeksi 4 semester memiliki motivasi belajar yang tinggi, (b) guru memiliki keterampilan mengajar yang baik, (c) sarana dan prasarana yang memadai, (d) pengelompokan kelas berdasarkan kemampuan belajar, (e) kegiatan keagamaan di sekolah. Faktor penghamabat, diantaranya: (a) aturan pemerintah yang belum pasti, (b) motivasi yang rendah siswa kelas bawah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:51
Last Modified: 08 Sep 2020 03:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1387

Actions (login required)

View Item View Item