IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL KITAB TAISIRUL KHALAQ DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MTS HIDAYATUS SHOLIHIN TURUS GURAH KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/201

MASITOH, DEWI (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL KITAB TAISIRUL KHALAQ DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MTS HIDAYATUS SHOLIHIN TURUS GURAH KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/201. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131514_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932131514_BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
932131514_BAB II.pdf

Download (648kB)
[img] Text
932131514_BAB III.pdf

Download (505kB)
[img] Text
932131514_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
932131514_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
932131514_BAB VI.pdf

Download (445kB)
[img] Text
932131514_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)

Abstract

Kata kunci : Kurikulum muatan lokal, Kitab Taisirul Khalaq, Akhlak siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang ada dalam kehidupan sehari-hari, seperti beberapa kasus yang telah terjadi dikalangan pelajar, yaitu kurangnya sopan santun terhadap guru dan orang tua, lalu sering bertindak yang buruk kepada sesama sampai terjadinya perkelahian antar siswa dan kenakalan remaja yang telah terjadi dimana-mana. Karena akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam bertingkah laku. Dengan akhlak yang baik seseorang tidak akan terpengaruh pada hal-hal yang negatif. Madrasah sebagai lembaga pendidikan agama formal yang juga sebagai tempat anak untuk belajar merupakan salah satu filter dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin berkembang. Terlebih dalam pembentukan akhlak. Dalam hal ini peneliti membahas tentang implementasi kurikulum muatan lokal kitab Taisirul Khalaq dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah ini adalah (1) Bagaimana kondisi akhlak siswa di Mts Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri? (2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum muatan lokal kitab Taisirul Khalaq dalam meningkatkan akhlak siswa di Mts Hidayatus Sholihin? (3) Bagaimna faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum muatan lokal kitab Taisirul Khalaq dalam meningkatkan akhlak siswa?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dan juga angket sebagai pendukung dalam penelitian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Akhlak siswa dari sebelum menerima pelajaran akhlak lebih mendalam sampai dengan sedang atau setelah mempelajari kitab Taisirul Khalaq mengalami peningkatan. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara, observasi dan juga penyebaran angket terhadap siswa dengan hasil 80,9% dan merupakan kategori baik. 2. Pelaksanaan kurikulum kitab Taisirul Khalaq meliputi perencanaan, materi atau isi pengajaran kurikulum muatan lokal, metode pengajaran, evaluasi. Adapun faktor pendukung dari implementasi kitab Taisirul Khalaq dalam meningkatkan akhlak siswa Mts Hidayatus Sholihin adalah kemampuan guru yang mendukung, adanya bimbingan BTQ, lingkungan madrasah yang berada dalam lingkup pesantren. Adapun faktor penghambatnya yaitu kemampuan siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 02 Sep 2020 05:21
Last Modified: 02 Sep 2020 05:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item