KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 2 NGANJUK

FARIDAH, ZAIN (2018) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 2 NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932129514_PRA BAB.pdf

Download (270kB)
[img] Text
932129514_BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
932129514_BAB II.pdf

Download (217kB)
[img] Text
932129514_BAB III.pdf

Download (218kB)
[img] Text
932129514_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
932129514_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
932129514_BAB VI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
932129514_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Mutu Pendidikan, Kompetensi Manajerial, Sarana dan Prasarana Pembelajaran Keberhasilan program pendidikan melalui proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh banyak factor, salah satu diantaranya adalah tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai diserta pemanfaatan dan pengelolaan secara optimal. Sarana dan prasarana pembelajaran merupakan salah satu sumber daya yang penting dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Untuk itu perlu dilakukan peningkatan dalam pendayagunaan dan pengelolaannya, agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan kepala sekolah dalam mengembangkan sarana dan prasarana pembelajaran di MAN 2 Nganjuk? 2) Bagaimana pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah MAN 2 Nganjuk 3) Bagaimana evaluasi efektivitas penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran di MAN 2 Nganjuk? Penelitian yang penulis lakukan termasuk penelitian kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data, penulis menggunkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengmatan, dan trianggulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap akhir penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan melibatkan tim Sembilan. Perencanaan pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran dilakukan dengan menyusun draf oleh pihak sekolah, selanjutnya draf tersebut disampaikan kepada pengurus komite sekolah. Kemudian jika draf tersebut diterima, maka akan mendapatkan persetujuan dari komite sekolah. Kemudian hasil persetujuan komite inilah yang akan digunakan sebagai program perencanaan pengembangan sekolah. Pengadaan melibatkan semua pihak yang terlibat dalam perencanaan dan juga kaur tata usaha.Cara pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran dilakukan dengan jalan wakil kepala bidang sarana dan prasarana mengajukan kepada pengurus komite. Kemudian bendahara membuat nota persetujuan untuk ditandatangani oleh ketua komite madrasah. Setelah mendapatkan nota persetujuan dengan tanda tangan ketua komite madrasah, barulah dana untuk pembelanjaan kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran dapat digunakan untuk pembelanjaan kebutuhan. Evaluasi melibatkan seluruh praktisi pendidikan.Evalusi efektivitas penggunaan sarana dan prasaran pembelajaran dilakukan melalui evalusi pembelajaran, rapat dinas dan juga rapat kordinasi antara pengurus komite dan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:18
Last Modified: 02 Sep 2020 03:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item View Item