STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI BANDARKEDUNGMULYO JOMBANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Zahro, Milla Faizzatuz (2018) STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI BANDARKEDUNGMULYO JOMBANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932137214_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932137214_BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
932137214_BAB II.pdf

Download (308kB)
[img] Text
932137214_BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932137214_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text
932137214_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
932137214_BAB VI.pdf

Download (99kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius Pen elitian dalam skripsi ini dilator belakangi oleh fenomena kemerosotan moral yang dialami oleh banyak pelajar seperti balap liar, tawuran, dan lain-lain. Yang jauh dari nilai etika dan nilai-nilai ajaran agama Islam. Dalam hal ini peneliti menghubungkan yang diterapkan guru Pendidikan Agama Islam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, dimana kehadiran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Sumber data utama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Focus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Strategi yang di gunakan Sekolah dalam menanamkan karakter religious siswa di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang. (2) Apa Faktor penghambat dan pendukung dlam menanamkan karakter religious siswa di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang. Setelah penulis mengadakan penelitian, maka pada akhirnya dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Strategi Sekolah dalam menanamkan karakter religious siswa di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang terdapat 3 cara Integrasi: Pengintegrasian melalui mata pelajaran dengan cara menyisipkannya dalam materi pelajaran atau pesan-pesan moral dari guru. Untuk pengintegrasian terhadap Program Pengembangan diri yang terdiri dari kegiatan-kegiatan rutin yang ada disekolah seperti tadarrus Al Quran, sholat dhuhur berjamaah dan infaq setiap jum’at, kegiatan spontan yang dilakukan guru pada siswa, keteladanan yang diberikan guru, dan pengkondisian sekolah yang diciptakan sedemikian rupa melalui Pengintegrasian terhadap budaya sekolah yang terdiri dari budaya yang ada di kelas, sekolah, dan luar sekolah yang telah di control dan diagendakan oleh REMAS. (2) factor pendukung strategi Sekolah dalam menanamkan karakter religious siswa di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang adalah dukungan dari komiten kepala sekolah dan dukungan dari wali murid saat di rumah. Adapun factor penghambatnya yaitu penggunaan hp yang tidak sesuai dan banyaknya anak yang bandel yang tidak menyukai hal keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:42
Last Modified: 19 Aug 2020 03:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1366

Actions (login required)

View Item View Item