Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Siswa Di Ma Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri

SHOLIHAH, DISE IMROATUS (2017) Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Siswa Di Ma Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1 - Cover Skripsi_5 - Halaman Pra-BAB.pdf

Download (911kB)
[img] Text
6 - BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
7 - BAB II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
8 - BAB III.pdf

Download (203kB)
[img] Text
9 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
10 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
11 - BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
12 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
13 - PROFIL PENULIS_15 - Lembar Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kujujuran merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi kehidupan. Penanaman sangat fundamental sebagai langkah awal pembentukan generasi karena dengan kejujuran maka akan terbentuk generasi-generasi yang adil dan dapat dipercaya. Dan salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai kejujuran ini adalah Akidah Akhlak. Berdasarkan permasalahan tersebut membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang: Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai kejujuran Dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Raudlatut Thalabah. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru untuk menanamkan nilai kejujuran dalam pembelajaran akidah akhlak kepada siswa di MA Raudlatut Thalabah? 2) Bagaimanakah manfaat penanaman nilai kejujuran dalam pembelajaran akidah akhlak kepada siswa di MA Raudlatut Thalabah? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara, dan dokumentasi. Sehingga yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah ingin menggambarkan realitas empiris dibalik sebuah fenomena yang ada secara lebih mendalam, rinci, dan mendetail. Serta mengumpulkan dokumentasi yang diperlukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian lapangan mengungkapkan bahwa upaya guru untuk menanamkan nilai kejujuran dengan cara: menanamkan nilai kejujuran pada siswa sejak pertama kali siswa belum sah menjadi siswa yaitu pada saat melakukan tes tulis., memberi CCTV di dalam kantin walaupun masih ditunggu oleh kasir atau penjaga kantin, mengikutsertakan guru BK pada saat ada siswa yang melanggar aturan sekolah, melatih siswa agar selalu berperilaku ataupun berkata jujur yang dimulai dari dewan guru supaya memberi contoh teladan pada siswa, memasukkan nilai kejujuran pada kurikulum sekolah, metode yang dipakai pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM) yaitu metode ceramah, tanya jawab dan diskusi, melalui pendekatan pembiasaan setiap siswa harus membiasakan untuk berbuat jujur saat pelajaran berlangsung maupun diluar kegiatan pembelajaran. 2) Manfaat penanaman nilai kejujuran yaitu: menjadikan diri siswa terhormat dihadapan dirinya sendiri maupun orang lain, bisa membuat dirinya sendiri fokus dalam melakukan segala hal, menjadikan suasana sekolah menjadi timbul rasa keamanan dan ketertiban, dapat dipercaya oleh orang lain baik ketika masih di dalam area sekolah mapun dilingkungan masyarakat, melatih pembiasaan dalam diri untuk berbuat maupun berkata jujur, menjadikan hati merasa tenang ketika bisa melakukan segala hal dengan kejujuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:10
Last Modified: 07 Feb 2019 07:10
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item