UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAN ISLAM DI MTs NEGERI 6 NGANJUK

ZAINAB, APRILIYA (2018) UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAN ISLAM DI MTs NEGERI 6 NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932124214_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932124214_BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
932124214_BAB II.pdf

Download (344kB)
[img] Text
932124214_BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
932124214_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
932124214_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
932124214_BAB VI.pdf

Download (384kB)
[img] Text
932124214_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci : Guru Sejarah Kebudayaan Islam, Metode Mind Mapping, Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam. Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam tidaklah mudah. Diperlukan upaya yang sangat besar dari para guru Pendidikan Agama Islam terutama guru Sejarah Kebudayaan Islam untuk menanganinya. Maka dalam penelitian ini fokus penelitiannya adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam menerapkan metode Mind Mapping pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 6 Nganjuk? (2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung bagi guru dalam menerapkan metode Mind Mapping pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 6 Nganjuk? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilaksankan di tengah-tengah sekolah MTs Negeri 6 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian yang dilakukan berupa studi kasus. Pengumpulan data dilaksankan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yaitu pengumpulan data, dan mengklarifikasikan data, menjelaskan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) upaya guru dalam menerapkan metode Mind Mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu guru membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) terlebih dahulu, kemudian ketika pelaksanaan dikelas guru sebelum memulai pelajaran mengucapkan salam dan membaca do’a kemudian guru memberi gambaran sedikit mengenai pelajaran yang akan dimulai, setelah itu guru menganjurkan siswa untuk berkumpul dengan kelompoknya masing-masing kemudian langsung memulai kerja kelompok yang sudah ditentukan oleh guru sebelumnya dengan menggunakan metode Mind Mapping. Upaya selanjutnya guru langsung mengevaluasi peserta didik sehingga guru dapat mengukur siapakah yang sudah faham dan yang belum mengenai pelajaran menggunakan metode Mind Mapping. (2) Faktor pendukung dalam menerapkan metode mind mapping yaitu: Faktor lingkungan masyarakat sekolah, Faktor Guru, Faktor kekeluargaan antar guru dan peserta didik. Sedangkan Faktor penghambatnya yaitu: Faktor peserta didik, Faktor sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:40
Last Modified: 05 Aug 2020 04:40
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item View Item