MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN AJARAN 2018/2019 (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 PLOSOKLATEN)

ROFIQ, MUHAMAD (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN AJARAN 2018/2019 (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 PLOSOKLATEN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932144614_PRA BAB.pdf

Download (342kB)
[img] Text
932144614_BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932144614_BAB II.pdf

Download (584kB)
[img] Text
932144614_BAB III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
932144614_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
932144614_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
932144614_BAB VI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
932144614_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: manajemen pembelajaran, keaktifan belajar, siswa Manajemen kelas yang baik memungkinkan guru mengajar dengan baik, karena kelas yang terhindar dari konflik menjadikan guru mengembangkan kemampuannya sehingga terjadi hubungan yang efisien dengan siswanya. Penelitian ini bertujuan mendeksikripsikan bagaimana manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari Penelitian ini diambil rumusan masalah (1) Bagaimana perencanaan kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran di kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah Guru PAI, Waka Kurikulum, Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Sedangkan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Guru sebelum memulai proses pembelajaran dapat membuat desain pembelajaran dengan menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, sekaligus menyusun instrument lain, membuat strategi mengjar yang tidak hanya berupa praktek dilapangan, akan tetapi pemberian reward atau punishment bagi peserta didiknya (2) Tindakantindakan dalam manajemen kelas, merancang metode pembelajaran yang baik, mengatur iklim suasana kelas ataupun mengatur tempat duduk peserta didik sesuai metode yang digunakan, serta menggunakan media yang memadai dan sesuai (3) Evaluasi bertujuan untuk menilai efektifitas dan efisiensi kegiatan pengajaran yang dapat menilai efektifitas dan efisiensi kegiatan pengajaran yang dapat berupa tertulis, ataupun praktek.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 04 Aug 2020 05:05
Last Modified: 04 Aug 2020 05:05
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item View Item