IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS RELIGIUS SISWA DI MA AL FATAH BADAS KEDIRI TAHUN 2017/2018

Ali, Kholid (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS RELIGIUS SISWA DI MA AL FATAH BADAS KEDIRI TAHUN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932140214_PRA BAB.pdf

Download (855kB)
[img] Text
932140214_BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
932140214_BAB II.pdf

Download (490kB)
[img] Text
932140214_BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
932140214_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
932140214_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
932140214_BAB VI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
932140214_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci : Pembelajaran Kitab Kuning, Religius. Maraknya tawuran remaja/siswa, perilaku mencotek saat ujian, perayaan kelulusan dengan berhura-hura dan konvoi, bahkan merembet pada perilaku para pejabat yang hobi korupsi (KKN), pedagang yang suka menipu dan perilaku lain yang menunjukan kemerosotan moral bangsa, disebabkan oleh kurangya pembinaan karakter religius atau keagamaan siswa. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan pembelajaran agama untuk meningkatkan kualitas religius siswa. Salah satunya adalah dengan mengajarkan kitab kuning kepada siswa, karena kitab kuning berisi menyangkut masalah keagamaan baik dari segi hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran kitab kuning dan karakter religius siswa di MA Al Fatah Badas Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam penelitian ini penulis mendapatkan data-data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Regiliusitas siswa di MA Al Fatah Badas Kediri dilihat dari Segi fisik, meliputi berpakaian muslim. Segi perilaku, diwujudkan dalam sikap dan perilaku seperti salam, sapaan, dan penampilan yang rapi. Segi kegiatan, meliputi pelaksanaan ibadah, proses belajar mengajar, muhadzarah, dan mujahadah. Sedangkan metode pembelajaran kitab kuning yang digunakan adalah metode bandongan yang dipadukan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Faktor pendukung: Guru yang berkompeten, Sarana dan prasarana yang mememadai, Lingkungan keluarga siswa yang mendukung. Faktor penghambat : Strategi atau metode yang digunakan oleh guru kurang menarik, Minat siswa yang kurang terhapap pembelajaran Kitab Kuning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 03 Aug 2020 04:19
Last Modified: 03 Aug 2020 04:19
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1330

Actions (login required)

View Item View Item