NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF AL – QUR’AN SURAT AL – BAQARAH AYAT 261 – 265 (ANALISIS TAFSIR AL-MISBAH

A’YUN, QUROTA (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF AL – QUR’AN SURAT AL – BAQARAH AYAT 261 – 265 (ANALISIS TAFSIR AL-MISBAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932139514_PRA BAB.pdf

Download (633kB)
[img] Text
932139514_BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
932139514_BAB II.pdf

Download (306kB)
[img] Text
932139514_BAB III.pdf

Download (615kB)
[img] Text
932139514_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
932139514_BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
932139514_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 261-265 Salah satu aspek penting proses pendidikan adalah membangun karakter anak didik. Karakter merupakan standar atau norma dan sistem nilai yang terimplementasi dalam berbagai bentuk kualitas diri. Hal ini sesuai dengan tentang pendidikan karakter yang mengajarkan manusia untuk saling tolongmenolong tanpa adanya imbalan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana isi kandungan dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 261-265? 2) Nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat pada Q.S. Al-Baqarah 261-265 dalam Analisis Tafsir Al-Misbah? Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan fokus dan ruang lingkup penelitian pendidikan karakter perspektif AlQur’an ayat 261-265. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Adapun orang yang mau menginfakkan sebagian hartanya untuk mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa maka Allah akan membalasnya 700 kali lipat bahkan lebih, dan adapun orang yang menafkahkan hartanya karena riya’ maka mereka tidak akan mendapat apa-apa diakhirat kelak, karena Allah itu Maha Melihat apa yang telah kamu perbuat. Sedangkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Q.S AlBaqarah ayat 261-265(Analisis Tafsir Al-Misbah), diantaranya yaitu religius,jujur, bersahabat / komunikatif dan peduli sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 03 Aug 2020 03:12
Last Modified: 03 Aug 2020 03:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item