UPAYA GURU MEMBERDAYAKAN SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XII MELALUI MATA PELAJARAN BINA KETERAMPILAN MANDIRI DI SMALB-C PUTERA ASIH KOTA KEDIRI

SYA’RONI, ABU AYUB (2018) UPAYA GURU MEMBERDAYAKAN SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XII MELALUI MATA PELAJARAN BINA KETERAMPILAN MANDIRI DI SMALB-C PUTERA ASIH KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932138114_PRA BAB.pdf

Download (392kB)
[img] Text
932138114_BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
932138114_BAB II.pdf

Download (214kB)
[img] Text
932138114_BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
932138114_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text
932138114_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
932138114_BAB VI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
932138114_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Pemberdayaan Siswa Kelas XII, Tunagrahita Ringan, Pembelajaran Keterampilan. Masyarakat beranggapan bahwa ABK adalah manusia yang tidak dapat mengurus dirinya sendiri. Reaksi penolakan masyarakat tersebut sangat dirasakan oleh para orang tua maupun oleh ABK khususnya pada anak-anak yang menyandang tunagrahita. Karena kondisi IQ-nya yang dibawah rata-rata anak normal pada umumnya, akhirnya mereka sering dikucilkan dan diremehkan. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas sekolah untuk turut berperan aktif dalam pemberdayaan siswa tunagrahita, khususnya tunagrahita ringan melalui pembelajaran keterampilan, agar kelak mereka dapat menunjukkan dan membuktikan diri bahwa mereka mampu untuk terjun di dunia kerja dan masyarakat. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang upaya guru memberdayakan siswa tunagrahita ringan kelas XII melalui Mata Pelajaran Bina Keterampilan Mandiri di SMALB-C Putera Asih Kota Kediri. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa dalam upaya guru memberdayakan siswa tunagrahita ringan kelas XII melalui mata pelajaran Bina Keterampilan Mandiri di SMALB-C Putera Asih Kota Kediri, guru mengupayakan hal tersebut melalui pembelajaran keterampilan dengan menggunakan metode-metode yang tepat, menentukan bahan ajar yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, dan melakukan penilaian hasil belajar. Faktor yang mendukung dalam ham ini adalah keikutsertaan komite sekolah membantu guru kelas di dalam proses pembelajaran dan Siswa berkeinginan untuk mampu bekerja setelah lulus dari sekolah. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam hal ini adalah belum adanya guru keterampilan yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan dan Jumlah siswa kelas XII dalam satu kelas melebihi kapasitas yang telah ditetapkan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 03 Aug 2020 02:56
Last Modified: 03 Aug 2020 02:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item