PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI RELEVANSI PERATURAN PRESIDEN NO. 87 TAHUN 2017 DENGAN SYI’IR NGUDI SUSILO KARYA KH. BISRI MUSTOFA)

TAMIMI, FADHILAH (2018) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI RELEVANSI PERATURAN PRESIDEN NO. 87 TAHUN 2017 DENGAN SYI’IR NGUDI SUSILO KARYA KH. BISRI MUSTOFA). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932136914_PRA BAB.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932136914_BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
932136914_BAB II.pdf

Download (722kB)
[img] Text
932136914_BAB III.pdf

Download (881kB)
[img] Text
932136914_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
932136914_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
932136914_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Penguatan Pendidikan Karakter, Syi’ir. Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan peraturan terbaru dari pemerintah untuk mewujudkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, agamis, dan sesuai dengan nilai pancasila. Syi’ir Ngudi Susilo disusun oleh KH. Bisri Mustofa sejak 66 tahun yang lalu dan sarat dengan nilai-nilai kearifan lokal khususnya daerah jawa. Untuk itu penulis tertarik untuk mengkaji relevansi dari kedua literatur diatas, dengan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana nilai-nilai karakter yang ingin diwujudkan pada Perpres no. 87 tahun 2017 tentang PPK? 2) Bagaimana nilai-nilai karakter yang terkandung dalam syi’ir Ngudi Susilo karya KH. Bisri Mustofa? 3) Bagaimana relevansi syi’ir Ngudi Susilo karya KH. Bisri Mustofa dengan Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang PPK? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan ditinjau dari sudut tempat penelitian dilakukan, terutama dalam rangka pengumpulan data, jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah Penelitian Kepustakaan (library research). Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur baik di perpustakaan maupun di tempat-tempat lain yang terkait dengan relevansi Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 tentang PPK dan Syi’ir Ngudi Susilo karya KH. Bisri Mustofa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Melihat dari 18 nilai karakter yang ingin diwujudkan dalam Perpres PPK yaitu religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggungjawab. 2) Jika dikaitkan dengan 24 nilai karakter yang terkandung dalam kita syi’ir Ngudi Susila karya KH. Bisri Mustofa yakni rahmah atau kasih sayang, ta’awun atau tolong menolong, patuh atau taat, tawadhu’ atau rendah hati, santun, hormat, disiplin atau taat aturan, tekun, religius, mandiri, qana’ah, rukun, bijaksana, ramah, sopan, al-hayaa atau malu, sabar, adil, waspada, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, bercita-cita tinggi, kerja keras, optimis dan jujur. 3) Ada dua nilai karakter dalam Perpres PPK yang tidak relevan dengan nilai karakter dalam syi’ir Ngudi Susila yaitu karakter kreatif dan karakter demokratis. jadi, dari 18 nilai karakter dalam perpres PPK yaitu, ada 16 karakter yang relevan dengan nilai karakter dalam syi’ir Ngudi Susila. Selain itu, Kitab Syi’ir Ngudi Susila, jika dikaitkan dengan dunia pendidikan saat ini, ada empat hal yang sama-sama menjadi fokus perhatian, yaitu: pendidikan akhlak, pendidikan anak, penyelenggara pendidikan akhlak, pelestarian budaya dan kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:01
Last Modified: 30 Jul 2020 02:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1325

Actions (login required)

View Item View Item