STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PRANAJATI, FITRA (2018) STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932135814_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932135814_BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
932135814_BAB II.pdf

Download (260kB)
[img] Text
932135814_BAB III.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932135814_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
932135814_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
932135814_BAB VI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
932135814_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci: Strategi, Pendidikan Karakter Pendidikan tidak hanya terkait dengan bertambahnya ilmu pengetahuan, namun harus mencakup aspek sikap dan perilaku sehingga dapat menjadikan anak sebagai manusia yang bertakwa, berilmu, dan berakhlak mulia. Gagasan program pendidikan karakter di Indonesia muncul terkait dengan tujuan pendidikan nasional dan melihat kondisi peserta didik pada saat ini yang mengalami degradasi karakter yang semakin menurun. Banyak pihak yang mengatakan bahwa proses pendidikan di Indonesia belum berhasil membangun manusia yang berkarakter, bahkan dapat dikatakan “gagal”. Dengan adanya hal tersebut maka perlunya penanaman pendidikan karakter terhadap anak. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pendidikan karakter melalui integrasi kurikulum di SMAN 3 Kediri. 2) Bagaimana strategi pendidikan karakter melalui penciptaan budaya sekolah di SMAN 3 Kediri. 3) Bagaimana strategi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 3 Kediri. Metode penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini antara lain: hasil observasi, wawancara terstruktur dari kepala sekolah, bagian kesiswaan, dan perwakilan guru, beberapa siswa, deskripsi dokumen sekolah, dokumentasi, sejarah singkat, visi, misi, dan kurikulum. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Strategi pendidikan karakter melalui integrasi kurikulum di SMAN 3 Kediri yaitu melalui silabus & RPP serta kegiatan pembelajaran. 2) Strategi pendidikan karakter melalui penciptaan budaya sekolah di SMAN 3 Kediri antara lain: berbusana muslim dan berpakaian rapi, membudayakan 5S (sopan, santun, senyum, sapa, salam), membiasakan berperilaku agamis (seperti berdoa, sholat, membaca asmaul husna, dan infaq Jumat), berwawasan adiwiyata. 3) Strategi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 3 Kediri yaitu terdapat di semua ekstrakurikuler, namun terdapat ekstrakurikuler yang lebih menekankan strateginya kepada pendidikan karakter yaitu BTQ, Pramuka, dan seni melalui peneladanan akhlak, pembinaan dan nasihat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:20
Last Modified: 29 Jul 2020 03:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1322

Actions (login required)

View Item View Item