PENANAMAN NILAI-NILAI KEJUJURAN MELALUI KANTIN KEJUJURAN (STUDI KASUS: SMPN 1 KEDIRI) TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FUADAH, BINTI AZIFATUL (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI KEJUJURAN MELALUI KANTIN KEJUJURAN (STUDI KASUS: SMPN 1 KEDIRI) TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932134014_PRA BAB.pdf

Download (902kB)
[img] Text
932134014_BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
932134014_BAB II.pdf

Download (544kB)
[img] Text
932134014_BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932134014_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[img] Text
932134014_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
932134014_BAB VI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
932134014_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai-Nilai Kejujuran, Kantin Kejujuran. Adanya program kantin kejujuran di sekolah merupakan inovasi baru di dunia pendidikan sebagai media pendidikan kejujuran bagi siswa. Namun, satu hal yang penting diteliti adalah keberadaan kantin kejujuran dengan teknik pelayanan self service system di sekolah jika tidak mengindahkan norma-norma, dan nilai-nilai karakter itu justru dapat menjadi bumerang bagi dunia pendidikan karena dapat melahirkan sikap dan tindakan yang kontraproduktif. Oleh karena itu nilai-nilai kejujuran perlu diinternalisasikan di dalamnya. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai kejujuran siswa melalui kantin kejujuran di SMP Negeri 1 Kediri? 2) Bagaimana kejujuran siswa dalam penanaman nilai-nilai kejujuran di SMP Negeri 1 Kediri? Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui metode penanaman nilai-nilai kejujuran siswa melalui kantin kejujuran di SMP Negeri 1 Kediri. Mengetahui dan mendeskripsikan kejujuran siswa dalam kegiatan kantin kejujuran di SMP Negeri 1 Kediri. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dimana prosedur penelitian yang dihasilkan adalah data deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Metode penanaman nilai-nilai kejujuran pada siswa di SMPN 1 Kediri yakni Pertama, melalui pembelajaran Pendidikan Agama. Kedua, melalui PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Ketiga, nasehat dan suri tauladan. Keempat, pembiasaan melalui kantin kejujuran. 2) Kejujuran siswa dalam kegiatan kantin kejujuran, yaitu kejujuran siswa sangat baik, misalnya sedikit siswa yang tidak jujur, jujur dari diri sendiri tidak ada paksaan dari orang lain, sehingga kantin kejujuran tidak mengalami kebangkrutan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:53
Last Modified: 29 Jul 2020 02:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1321

Actions (login required)

View Item View Item