INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN TOLERANSI BERAGAMA DI SMA NEGERI 8 KEDIRI

AFIFAH, LAILY NUR (2018) INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN TOLERANSI BERAGAMA DI SMA NEGERI 8 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932125614_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932125614_BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
932125614_BAB II.pdf

Download (362kB)
[img] Text
932125614_BAB III.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932125614_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
932125614_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
932125614_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
932125614_Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Multikultural, Toleransi Beragama. Dalam penelitian ini fokus penelitian yang diangkat adalah (1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai multikultural dalam meningkatkan toleransi beragama di SMA Negeri 8 Kediri. (2) Bagaimana hasil toleransi beragama melalui internalisasi nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 8 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar di SMA Negeri 8 Kediri. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan siswa SMA Negeri 8 Kediri, sedangkan objeknya adalah internalisasi nilai-nilai multikultural dalam meningkatkan toleransi beragama di SMA Negeri 8 Kediri. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses internalisasi nilai-nilai multikultural pada siswa di SMA Negeri 8 Kediri dilakukan melakui tiga tahapan yaitu (1) Transformasi nilai, yaitu dengan cara guru mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam menjelaskan materi pelajaran agama; guru menayangkan video dalam menyampaikan materi; megadakan Kajian Islami; Guru mengarahkan siswa yang memiliki agama mayoritas tidak memaksa keyakinan, menjaga persaudaraan, saling tolong menolong dan saling mengerti; dan guru mengarahkan siswa yang memiliki agama minoritas untuk berbaik sangka. (2) Transaksi Nilai, yaitu dengan cara guru memberikan contoh dalam menjelaskan materi dan guru mengadakan diskusi. (3) Transinternalisasi nilai, yaitu dengan cara guru sebagai tauladan; sekolah adil dalam memberikan peraturan; penerapan 5S “Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun”; dan pembiasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toleransi beragama siswa dapat dikategorikan meningkat. Indikasinya dapat terlihat dari kebiasaan dan perilaku yang dilakukan oleh para siswa dalam kehidupan sehari-hari. Peningkatan toleransi yang dihasilkan yaitu (1) Toleransi dalam beribadah. Tersedianya tempat ibadah secara adil, Seluruh siswa sama-sama menghargai perbedaan keyakinan dan sama-sama menghormati kegiatan peribadatan (2) Toleransi dalam kegiatan pembelajaran, yaitu dengan tersedianya ruangan khusus saat pembelajaran agama secara adil, saling menghargai pendapat (3) Toleransi dalam kegiatan sekolah yaitu dengan keikutsertaan siswa non-muslim dalam berpartisipasi menjadi panitia acara kegiatan Islami (4) Toleransi dalam kehidupan sosial. Hal ini terlihat dari harmonisnya hubungan sosial yang dibangun antar siswa maupun guru beda agama (5) Toleransi dalam berpakaian, yaitu siswa non-Islam merubah cara berpakaian lebih tertutup.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education (Pendidikan Etnis)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 27 Jul 2020 05:51
Last Modified: 27 Jul 2020 05:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item View Item