STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA SMPN 1 BADAS

KHOIRIYAH, ABIDATUL (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA SMPN 1 BADAS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932124314 _PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932124314 _BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
932124314 _BAB II.pdf

Download (771kB)
[img] Text
932124314 _BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
932124314 _BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
932124314 _BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
932124314 _BAB VI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
932124314_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi guru agama, religiusitas. Pendidikan religius sangatlah penting, terutama bagi guru agama hal yang utama dalam pendidikan agama adalah meningkatkan religiusitas siswa, hal itu dalam mendidik sangatlah diperlukan strategi yang cocok dan sesuai dengan kondisi siswa, begitu pula dengan strategi yang digunakan guru agama dalam meningkatkan religiusitas siswa SMPN 1 Badas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan1). strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan religiusitas siswa SMPN 1 Badas. 2). mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa SMPN 1 Badas. 3). mengetahui solusi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam untuk mengatsi hambatan yang dihadapinya dalam meningkatkan religiusitas siswa SMPN 1 Badas. Untuk mencapai tujuan penelitian diatas peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang menggunakan metode diskriptif dengan jenis penelitian field risearch yang berlokasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Badas, data penelitian ini dianalisis ketika sebelum dilapangan dan analisis ketika dilapangan dan dikumpulkan menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian yaitu: 1). Strategi Guru Agama dalam meningkatkan Religiusitas siswa SMPN 1 Badas adalah : a). Menyusun perencanaan, b). Memilih dan menyiapkan model pembelajaran c). metode pembelajaran yang sesuai dengan materi, d). praktik yang sesuai dengan materi, e). Dilakukan pembelajaran agama tambahan diluar kelas untuk memperdalam lagi materi. f). Siswa dibiasakan untuk sholat dhuha g). Siswa membaca beberapa surat dalam Al Qur’an sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran. h). Guru dalam mengoptimalkan pembelajaran menggunakan pembelajaran seperti: keteladanan, nasehat, pembiasaan dilingkungan sekolah. 2). Kendala yang dihadapi guru adalah : a).Siswa dari latar belakang keluarga yang kurang menanamkan nilai agamis sejak kecil, b). Siswa yang terpengaruh negatif dengan perkembangan teknologi, c). pengaruh teman bermain siswa. 3). Solusi yang dilakukan guru adalah : a). Memanfaatkan mushola sekolahan semaksimal mungkin. b). Memanfaatkan halaman maupun lingkungan sekolah sebagai praktik nilai-nilai agamis

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:09
Last Modified: 22 Jul 2020 02:09
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item View Item