PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS BAGI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 7 KOTA KEDIRI

MASITHOH, SITI (2018) PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS BAGI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 7 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122914_PRA BAB.pdf

Download (341kB)
[img] Text
932122914_BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
932122914_BAB II.pdf

Download (342kB)
[img] Text
932122914_BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
932122914_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
932122914_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
932122914_BAB VI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
932122914_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Budaya Religius, Peserta Didik Pengembangan budaya religius di lingkungan sekolah merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan IMTAQ siswa serta membentengi diri peserta didik terhadap budaya yang menjauhkan dari agama Islam. Selain melalui proses pembelajaran di dalam kelas, peserta didik juga membutuhkan pendidikan tentang nilai-nilai religius di luar kelas untuk membentuk sikap dan mental mereka. Penelitian ini berfokus pada 1. Bagaimana pelaksanaan budaya religius di SMA Negeri 7 Kediri? 2. Bagaimana dampak pelaksanaan budaya religius terhadap perilaku siswa di SMA Negeri 7 Kediri? Penelitian ini menggunaan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang dihasilkan adalah data deskripstif dan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: dalam pelaksanaannya, siswa menerapkan kegiatan keislaman dalam kegiatan sehari-hari dalam berbagai aspek, yaitu: 1. aspek ritual (ibadah mahdloh), seperti mengerjakan shalat Dhuha, Dhuhur dan Ashar berjamaah serta membaca Al-quran dan kalimah tayyibah. 2. aspek sosial (ibadah ghairu mahdloh/akhlak) yaitu membiasakan perilaku 6S: senyum, sapa, salam, salim, sopan dan santun, penyaluran zakat fitrah maupun melakukan bakti sosial. 3. aspek keyakinan (tauhid) yaitu memperingati hari besar Islam maupun memperingati hari tertentu dengan kegiatan keislaman. Dalam hal ini, guru sebagai penggerak utama, pembina, pendamping maupun pengawas. Evaluasi yang dilakukan oleh pembina (guru PAI) melibatkan dokumen-dokumen sebagai media utama melihat perkembangan siswa. misalnya, melalui foto, video atau pengamatan langsung sehingga guru sebagai pembina (dalam hal ini guru PAI) mampu memberikan solusi untuk kearah depannya. Adapun dampak pelaksanaan budaya religius bagi peserta didik yang ada di SMAN 7 Kota Kediri terhadap perilaku siswa yaitu: 1. Perilaku Agamis. 2. Perilaku Disiplin. (3) Perilaku Peduli Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 21 Jul 2020 05:24
Last Modified: 21 Jul 2020 05:24
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item View Item