UPAYA GURU MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 6 NGANJUK TAHUN PEMBELAJARAN 2017-2018

WAFA, WINDA AINUL (2018) UPAYA GURU MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 6 NGANJUK TAHUN PEMBELAJARAN 2017-2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117914_PRA BAB.pdf

Download (596kB)
[img] Text
932117914_BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
932117914_BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
932117914_BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932117914_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
932117914_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
932117914_BAB VI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932117914_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)

Abstract

Kata Kunci: Minat Belajar, Upaya Guru Permasalahan yang seringkali dijumpai dalam proses pembelajaran, khususya pembelajaran fikih adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada peserta didik secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien serta dapat meningkatkan minat belajar siswa tersebut. Oleh sebab itu, harus diadakan suatu upaya seperti pengelolaan kelas yang baik, seorang guru harus profesional dalam pengajarannya dengan menggunakan strategi atau metode yang tepat, dan inovasi yang bisa meningkatkan dari mutu kelas itu. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN 6 Nganjuk ? 2) Bagaimana upaya guru mata pelajaran fikih dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 6 Nganjuk ? 3) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru mata pelajaran fikih dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 6 Nganjuk?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTsN 6 Nganjuk. 2) Untuk mendiskripsikan upaya apa saja yang dilakukan guru mata pelajaran fikih dalam meningkatkan minat siswa di MTsN 6 Nganjuk. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru mata pelajaran fikih dalam meningkatkan minat siswa di MTsN 6 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, karena peneliti bermaksud untuk mendiskripsikan upaya guru mata pelajaran fikih dalam meningkatkan minat belajar siswa, dengan lokasi penelitian di MTsN 6 Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih, hal ini didiskripsikan berdasarkan 3 indikator, yaitu: (a) Keaktifan masuk kelas, (b) Perhatian siswa pada materi, (c) Keaktifan siswa didalam kelas. (2) Upaya guru mata pelajaran fikih dalam meningkatkan minat belajar siswa antara lain: (a) menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, (b) membentuk minat-minat baru pada peserta didik melalui perhatian, (c) memberikan hadiah, pujian atau hukuman (sangsi), (d) motivasi. (3) faktor pendukung meliputi kelengkapan sarana prasarana, nasehat atau perhatian dari guru untuk murid, juga adanya keihklasan dari guru untuk memberikan hadiah sebagai motivasi anak didik agar senantiasa mempertahankan prestasi belajar, serta motivasi sebagai dasar penggerak yang mendorong aktivitas belajar seseorang. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kemampuan guru atau siswa mengoperasikan Lcd, siswa bicara sendiri saat guru memberikan nasehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 16 Jul 2020 01:54
Last Modified: 16 Jul 2020 01:54
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item