Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPA Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN I Purwoasri Tahun Ajaran 2016/2017

MASRUROH, AVIVATIN (2017) Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPA Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN I Purwoasri Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1. Sampul_5. Pra BAB.pdf

Download (111kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (57kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (144kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (54kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
11. BAB VI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (25kB)
[img] Text
13. Profil Penulis_16. Tabulasi Data Setelah Uji Validitas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) minat belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Purwoasri, 2) motivasi belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Purwoasri, 3) keaktifan belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Purwoasri, 4) pengaruh minat belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Purwoasri, 5) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Purwoasri, 6) pengaruh minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Purwoasri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas XI reguler di SMA Negeri 1 Purwoasri Kediri yang berjumlah 89 siswa dengan mengambil sampel 70 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) minat belajar siswa yang tinggi dengan mean sebesar 83,02 dan pada tabel interpretasi konversi nilai minat belajar siswa berada pada kategori tinggi. 2) motivasi belajar siswa yang tinggi dengan mean sebesar 77,32 dan pada tabel interpretasi konversi nilai motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi. 3) keaktifan belajar siswa yang tinggi dengan mean 75,02 dan pada tabel interpretasi konversi nilai keaktifan belajar siswa berada pada kategori tinggi. Sedangkan hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu 4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan keaktifan belajar siswa sebesar 0,893, yaitu sebesar 79,7%. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh minat belajar terhadap keaktifan belajar siswa Y= 5,038 + 0,843 Minat Belajar (X1). 5) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 0,586, yaitu sebesar 34,3% adalah. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa adalah Y= 29,915 + 0,583 Motivasi Belajar (X2). 6) Dan secara bersama-sama tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa 0,896, yaitu sebesar 80,4%. Persamaan regresi ganda yang dihasilkan adalah Y = 2,034 + 0,790.X1 + 0,096.X2

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:03
Last Modified: 06 Feb 2019 04:03
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item