STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII DI MTsN I KEDIRI

SUWAIDAH, SUWAIDAH (2018) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII DI MTsN I KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108314 _Pra Bab.pdf

Download (674kB)
[img] Text
932108314 _Bab I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
932108314 _Bab II.pdf

Download (468kB)
[img] Text
932108314 _Bab III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
932108314 _Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
932108314 _Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
932108314 _Bab VI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
932108314_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Membentuk Karakter Tanggung Jawab Seorang guru harus memiliki berbagai macam keterampilan agar tercapai tujuan pendidikan yang berkualitas. Pada hakikatnya pembelajarannya merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara terencana untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan kepada peserta didik. Sedangkan tanggung jawab adalah sikap seseorang dalam menjalankan tugas atau kewajiban yang harus dilakukan baik untuk dirinya sendiri, masyarakat, lingkungan, bangsa dan negara, juga pada Tuhan-Nya. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi mengajar guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas VII di MTsN I Kediri. 2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi mengajar guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas VII di MTs I Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data ini menggunakan observasi siswa saat pembelajaran, wawancara guru aqidah akhlak dan dokumentasi data-data pelengkap wawancara dan observasi dengan cara mengorganisasikan data kedalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, sehingga memperoleh gambaran umum tentang keadaan sebenarnya di MTsN I Kediri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi mengajar guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa menyampaikan tujuan pembelajaran Aqidah Akhlak, menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu (diskusi, dan tanya jawab) yaitu; metode pembelajaran ini yang dilakukan setiap hari berada di sekolah, maka perlu ada adanya kekompakakan. Media pembelajaran menggunakan game playing, (bermain game) yaitu; agar peserta didik lebih bersemangat dalam belajar untuk membentuk karakter tanggung jawab siswa karena guru adalah contoh bagi murid-murid. Pengkondisian kelas dan pemberian tugas yaitu; siswa siswi tidak ramai dalam jam pelajaran, siswa siswi juga mengerjakan tugas guru dengan tepat waktu. 2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu; faktor pendukungnya adalah baik internal maupun eksternal diantaranya: dukungan dari sekolah berupa sarana prasarana (buku pelajaran, LCD, proyektor), faktor penghambatnya adalah kurangnya semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, kurangnya motivasi guru yang diberikan kepada peserta didik, orang tua yang kurang memberi perhatian pada anaknya dan, lingkungan bermain yang tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 09 Jul 2020 04:18
Last Modified: 09 Jul 2020 04:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item View Item